Batik Sendang Duwur Motif Modang Sungut

0 204

Batik Sendang Duwur Motif Modang Sungut

Motif Modang Sungut memiliki makna untuk melambangkan kehidupan dalam keluarga yang senantiasa mendapatkan suatu godaan yang berasal dari udara, darat, dan air. Semuanya itu harus dipikirkan dengan kepala yang dingin dan tidak mudah terpancing oleh emosi. Adapun makna isen-isen yang terdapat pada motif Modang Sungut yaitu:

  • Burung Sriti

Melambangkan seorang laki-laki yang selalu mencari nafkah seharian penuh untuk menghidupi keluarganya. Hal ini dilihat dari keluarnya burung sriti yang keluar pada pagi hari dan kembali lagi pada sorehari. Terbang di udara tanpa berhenti dan merasa lelah. Disamping itu juga dimaksudkan mewakili kehidupan di atas atau udara.

  • Buah Gempol

Rasa dari buah ini adalah pahit dan baunya wangi. Hal ini melambangkan seorang wanita, sebab seorang wanita merupakan tiangnya rumah tangga. Rasa pahit yang dihasilkan buah gempol ini melambangkan bahwa berhasil tidaknya sebuah rumah tangga bergantung pada wanita. Dalam kehidupan duniawi buah gempol ini termasuk kehidupan di darat. Rasa pahit dan bau wangi juga merupakan arah asal godaan atau cobaan yang berasal dari kanan-kiri, ataupun berasal dari muka dan belakang.

  • Daun Kluwih

Dalam adat jawa apabilamelaksanakan sukuran selalu menggunakan sayur kluwih. Hal ini dimaksudkan supaya rejeki selalu datang secara berlebihan, baik mengalir pada keluarga yang melaksanakan syukuran atau masyarakat yang diundang acara sukuran dan memakan sayur kluwih tersebut.

  • Sungut

Apabila dilihat dari bentuknya yaitu menyerupai kepala udang. Hal ini melambangkan bahwa segala sesuatunya harus dipikirkan dengan kepala dingin. Dan udang ini merupakan kehidupan di bawah atau di air.

Source Batik Sendang Duwur Motif Modang Sungut Motif
Comments
Loading...