Batik Sendang Duwur Motif Modang Liris Pelangi

0 189

Batik Sendang Duwur Motif Modang Liris Pelangi

Batik Sendang Duwur merupakan kerajinan batik hasil produksi  oleh warga Desa Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Terutama dengan motif atau ikon khas Desa Sendang Duwur sebagai daerah pesisir. Batik Sendang memiliki karakteristik khas dari jenis batik manapun. Salah satu yang menjadi ciri khas Batik Sendang Duwur adalah bentuk dan warna. Unsur yang digunakan dalam mengkaji motif batik Sendang Duwur ini melalui unsur-unsur visual, yaitu: garis-garis, pola batik, bentuk (motif), corak, warna, tehnik dan proses membatik. Salah satu motif batik Sendang Duwur adalah motif Modang Liris Pelangi.

Motif Modang Liris Pelangi

Motif ini memiliki makna untuk melambangkan kehidupan bermasyarakat yang selalu dihiasi oleh kebohongan, iri hati, dan selalu menjatuhkan antara yang satu dengan lainnya. Sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh Raden Noer Rahmad, yaitu selalu tolong menolong dan ingat terhadap rakyat kecil. Adapun makna isen-isen yang terdapat pada motif Modang Liris Pelangi yaitu :

  • Kembang Cerme

Bentuknya kecil yang mudah rontok atau jatuh apabila tertiup angin. Hal ini melambangkan sebagai manusia haruslah saling tolong-menolong khususnya pada rakyat yang kecil. Sebab dari rakyat kecillah semuanya dapat berhasil. Oleh karena itu perlu mendapat pagar, yaitu pagar perlindungan.

  • Kembang Jeruk

Dalam kehidupan bermasyarakat harus selalu menggalang persatuan dan kesatuan, sehingga apabila ada gangguan dari dalam maupun luar dapat diatasi secara bersama yang nantinya kesegaran ataupun kedamaian selalu terwujud. Hal tersebut dilambangkan dengan bau wangi dan harum yang disebarkan dari bunga jeruk yang menjadi satu.

  • Sawod

Berupa garis yang membentuk pagar, yang melambangkan batas hak seseorang.

Source Batik Sendang Duwur Motif Modang Liris Pelangi Motif
Comments
Loading...