Batik Sendang Duwur Motif Byur

0 218

Batik Sendang Duwur Motif Byur

Batik Sendang Duwur memiliki karakteristik khas dari jenis batik manapun. Salah satu yang menjadi ciri khas Batik Sendang Duwur adalah warna, meliputi warna dasar putih, merah, dan hitam. Penentuan warna dan maksud dari warna motif Batik Sendang Duwur merupakan ajaran yang disampaikan oleh Raden Noer Rohmad (Sunan Sendang). Salah satu motif batik Sendang Duwur adalah Motif Byur.

Motif Byur memiliki lambang tentang kehidupan dalam berumah tangga yang selalu menjumpai hal – hal yang tidak pernah dibayangkan terlebih dulu. Yaitu hal yang membuat berantakan rumah tangga. Dan apabila semuanya terjadi harus dikembalikan pada awal menjalani kehidupan berumah tangga, yaitu duduk di atas pelaminan dengan sumpah dan janjinya. Adapun makna isen – isen yang terdapat pada motif Byur yaitu :

  • Daun kluwih

Dalam adat jawa apabila melaksanakan sukuran selalu memakai sayur kluwih. Hal ini dimaksudkan supaya rejeki selalu berlebihan.

  • Buah cerme

Dimaksudkan bahwa dalam berumah tangga dapat merasakan pahit getirnya kehidupan. Sehingga dapat menambah kerukunan dalam berumah tangga.

  • Kipas (kepet)

Sebagai pengingat bagi suami istri tentang hari – hari manisnya sewaktu duduk dipelaminan yang dimaksudkan untuk peringatan saat akan terjadi keretakan dalam berumah tangga.

  • Anggrek

Menggambarkan seorang wanita yang lembut dan selalu taat dan patuh pada suaminya demi kedamaian rumah tangga nya.

  • Burung

Menggambarkan keperkasaan seorang laki – laki sebagai suami yang harus mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

  • Titik-titik

Titik-titik yang rata menggambarkan sebagai byur (derasnya) hujan yang digunakan sebagai sumber penghidupan dan penyegar kebahagiaan dalam berumah tangga.

Source Batik Sendang Duwur Motif Byur Motif
Comments
Loading...