Batik Semanggi Khas Jakarta

0 40

Batik Semanggi Khas Jakarta

Kota Semanggi merupakan salah satu kawasan yang berada di Jakarta. Tidak Cuma simpang susun Semanggi, tapi juga tanaman daun semangginya. Daun semanggi identik dengan bentuk daunnya yang unik. Lekukan yang terdapat pada daun semanggi dan amat khas ini juga menginspirasi Chitra Subyakto yang merupakan seorang desainer muda Indonesia untuk mengaplikasikan Motif Semanggi di busana yang siap pakai.

Melalui Brand Sejauh Mata Memandang, Chitra yang menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggelar pameran seni yang berjudul Semanggi Kita: Berkarya untuk Indonesia.

“Jembatan Semanggi dibuat oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno saat itu untuk menjadi simbol persatuan karena jembatan itu menghubungkan berbagai wilayah di Jakarta, dari Timur, Barat, Selatan, dan Utara,” jelas Chitra beberapa waktu lalu.

Batik karya Chitra itu menampilkan motif daun berhelai empat khas Semanggi. Bukan hanya itu, Chitra juga membubuhkan garis marka jalan. Chitra mengatakan, Batik Semanggi ini dibuat oleh para ibu rumah tangga yang dinggal di Rumah Susun (Rusun) Marunda, Jakarta Utara. Chitra memilih kain katun sebagai bahan dasar batik ini dan dibuat dengan teknik batik tulis. Tidak cuma membuat baju, para ibu rumah tangga ini juga membuat scarf dari bahan yang sama. Chitra berharap untuk  kedepannya Batik Motif Semanggi ini tidak hanya dibuat oleh penghunu rusun Marunda tapi juga oleh para wanita di rusun lainnya.

Source Batik Semanggi Khas Jakarta Batik
Comments
Loading...