Batik, Semakin Cantik dan Dicintai

0 67

Batik, Semakin Cantik dan Dicintai

Indonesia tak hanya memiliki beragam suku dan budaya. Di Tanah air tercinta ini, juga sangat kaya akan kesenian yang terkenal dengan keindahannya. Salah satunya adalah seni membatik. Seni kerajinan tangan ini dapat menghasilkan gambar-gambar cantik di kain dan memiliki corak berbeda setiap daerahnya. Teman-teman, ternyata batik selain dicintai di tanah air, di luar negeri juga menyukai kain bercorak ini.

Kain Batik untuk Gendongan Adik Kecil

Dulu, kain batik seringkali digunakan untuk menggendong adik kecil. Tapi sekarang ini, kegunaannya sudah sangat beragam. Ada yang dijahit khusus dan dipakai untuk ke pesta atau berbagai acara resmi, dipakai untuk sehari-hari.

Saat ini, batik sudah banyak dimodifikasi. Ada yang dibuat untuk beberapa aksesoris, seperti tas untuk ke pesta hingga tas koper untuk perjalanan jauh. Kemudian, batik juga ada yang dibuat untuk bahan sepatu, bahkan juga jam tangan.

Menjadi Incaran Para Desainer Terkenal

Kain batik kini menjadi incaran para desainer kelas dunia. Mereka bereksplorasi dengan batikbatik tanah air dan membuat desain pakaian dengan model masa kini. Desainer dalam negeri yang mendunia berkat kain batik adalah Pak Iwan Tirta. Semasa hidupnya, almarhum Pak Iwan Tirta seringkali menggunakan kain batik untuk rancangan pakaiannya.

Batik rancangannya sering dikenakan oleh para tokoh penting dunia. Tahun 1994 adalah tahun digelarnya pertemuan APEC. Saat itu, karya Pak Iwan Tirta dikenakan oleh para tokoh penting yang hadir di acara tersebut.

Selain Pak Iwan Tirta, ada juga Kak Era Soekamto, Kak Carmanita, dan Kak Ghea Panggabean. Mereka semua adalah desainer ternama yang membuat batik Indonesia yang sudah lama terkenal, jadi semakin popular di seluruh dunia.

Batik, Semakin Cantik dan Makin Dicintai

Semakin cantik motif batik, baik yang modern atau tradisional, maka kain dan kesenian batik pun semakin dicintai oleh semua kalangan. Buktinya, tak hanya di dalam negeri, karena di luar negeri, kain batik juga sangatlah mendunia.

Buktinya, pengiriman batik ke luar negeri seperti ke Negara Jerman, Jepang, dan Korea Selatan sangat meningkat. Bahkan pengiriman terbanyak yang sering dilakukan adalah ke Negara Amerika Serikat.

Source http://bobo.grid.id/ http://bobo.grid.id/read/08677986/batik-semakin-cantik-dan-dicintai?page=all
Comments
Loading...