Batik Selotigo, Batiknya Salatiga

0 94

Batik Selotigo, Batiknya Salatiga

Pengakuan batik sebagai salah satu warisan dunia yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu membuat batik menjadi naik daun dan go public. Setidaknya, makin banyak orang yang sekarang berbangga hati mengenakan batik untuk ke kantor, ke pesta, jalan-jalan santai, dan tak ketinggalan tentu untuk menggendong bayi.

Setidaknya (lagi), makin banyak motif batik yang bertumbuhan di berbagai kota di Indonesia. Jika dulu yang terkenal hanya batik solo atau batik jogja, maka sekarang batik papua-pun ada. Tak terkecuali di kota kecil Salatiga yang mengusung nama Batik Selotigo.

Nama Selotigo yang berari 3 batu ini sangat identik dengan nama Salatiga. 3 batu tanda nama kota Salatiga ini secara kreatif diangkat sebagai brand batik kota kecil. Menyelami proses pembuatan batik tahap demi tahap membuat semakin menyadari bahwa batik adalah sebuah masterpiece yang luar biasa. Butuh ketelatenan, kesabaran, kreativitas, dan kecintaan yang besar untuk menghasilkan sebuah batik yang indah. Tak heran jika kain batik, apalagi yang batik tulis, lantas dijual dan dihargai dengan sangat mahal. Meskipun motifnya sama, takaran warnanya sama, prosesnya sama, tapi kalau yang membuat beda orang, hasilnya tidak pernah sama.

 

Source https://nikentfalimah.wordpress.com/ https://nikentfalimah.wordpress.com/2013/07/14/batik-selotigo-batiknya-salatiga/
Comments
Loading...