infobatik.id

Batik Sekar Jagad Trenggalek

0 53

Batik Sekar Jagad Trenggalek

Keindahan alam yang dimiliki oleh Kabuapten Trenggalek banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Trenggalek dalam menciptakan sesuatu salah satunya adalah batik. Selain untuk melestarikan budaya juga untuk membantu perekonomian masyarakat. Pada zaman dahulu, Trenggalek sangat terkenal dengan seni kerajinan batik tulisnya yaitu Batik Sekar Jagad. Seni bati  ini dikerjakan secara turun temurun dari generasi ke generasi di kalangan wanita-wanita Trenggalek khususnya di Desa Sumbergedong dan Surodakan kala itu.

Batik dengan Motif Sekar Jagad tidak hanya dimiliki oleh Kabupaten Trenggalek saja, tetapi di daerah Jawa Tengah juga memiliki motif ini. Motif Sekar Jagad mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Ada pula yang beranggapan bahwa Motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata “kar jagad” (Kar=peta; Jagad=dunia), sehingga motif ini juga melambangkan keragaman diseluruh dunia.

Motif Batik Sekar Jagad yang berasal dari Kabupaten Trenggalek berbeda dengan Motif Batik Sekar Jagad dari Jawa Tengah. Perbedaannya terletak pada ciri khusus yaitu adanya penambahan motif yang menunjukkan karakteristik daerah Trenggalek, yaitu penambahan Motif Cengkeh. Corak warna yang ada pada Batik Tenggalek sangat bervariasi karena produksi batik ditekankan untuk bahan pembuatan busana. Variasi warna tersebut berasal dari pewarnaan sintetis yaitu pewarnaan dari naphtol. Warna-warna tersebut tidak mempunyai makna dan filosofi yang mendalam bagi kehidupan namun hanya mempunyai makna secara umum.

Source Batik Sekar Jagad Trenggalek Batik
Comments
Loading...