Batik Sekar Jagad Jepara

0 240

Batik Sekar Jagad Jepara

Batik Sekar Jagad Jepara merupakan salah satu batik yang motifnya terinspirasi dari Motif Sekar Jagad yang sudah ada, namun terdapat nuansa yang berbeda pada garis pembatasnya, jika Motif Sekar Jagad yang sudah ada menggunakan garis lurus sebagai garis pembatas antara satu motif ke motif yang lain, Motif Sekar Jagad Jepara menggunakan stilasi dari daun semanggi. Daun semanggi ini dipakai sebagai penggambaran tiga bersaudara yaitu R.A Kartini, Roekmini dan Kardinah yang selalu bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Nuansa lain yang terdapat dalam batik sekar jagad Jepara ini yaitu terdapat motif fauna yang menggambarkan kehidupan dunia. Motif Sekar Jagad Jepara menggunakan berbagai macam motif yang dituangkan diatas selembar kain yang disusun menjadi satu.

Motif-motif yang digunakan dalam pembuatan motif ini terdiri dari motif flora dan fauna yaitu Motif Naga, Motif Merak, Motif Daun Semanggi, Motif Bunga Mawar, Motif Bunga Matahari, Motif Ukiran Bunga, Motif Daun Bergerombol, Motif Bunga Kuncup, Motif Ikal Bersambung, Motif Bunga Kenanga, Motif Batang Dan Daun, Motif Bunga Kantil, Motif Lung, Motif Bunga Krisan, Motif Ukiran Buah Mete, Motif Mete, Motif Buah Buni, Motif Bunga Kurung, Motif Bunga, Motif Bunga Segiempat, dan Motif Daun Jumbai. Sedangkan motif fauna yang digunakan yaitu Motif Burung Merak dan Motif Naga yang tentu saja sudah mengalami stilasi juga. Motif-motif tersebut kemudian disusun atau dikomposisikan secara tersusun sedemikian rupa, walaupun bila dilihat secara sekilas seperti acak tetapi sebenarnya tersusun rapi memenuhi bidang kain, dan sebagai batasan antara motif satu dengan motif yang lainnya digunakan daun semanggi.

Batik Sekar Jagad Jepara memiliki banyak sekali motif utama, tetapi yang menjadi center of interest dalam Batik Sekar Jagad Jepara ini adalah Motif Daun Semanggi. Warna yang diterapkan pada batik sekar jagad Jepara ini terdiri dari dua belas warna yang terdiri dari warna naptol dan indigosol. Yang termasuk warna naptol yaitu coklat, coklat tua, merah, hitam, orange, biru, biru tua, dan kuning, sedangkan warna indigosol yaitu hijau muda, hijau tua, ungu tua, dan ungu muda. Pewarna yang digunakan pada Batik Sekar Jagad Jepara ini adalah pewarna kimia atau sintetis. Susunan warna pada Batik Sekar Jagad Jepara ini menggunakan perpaduan warna-warna cerah dan tidak ada batasan penggunaan warna seperti pada batik daerah Yogyakarta, Solo dan sekitarnya karena batik ini juga masih termasuk ke dalam jenis batik pesisiran. Batik Sekar Jagad Jepara ini juga menggunakan perpaduan dari warna-warna panas dan warna-warna dingin.

Source http://eprints.uny.ac.id/16374/1/DEPUTTY%20DEWI.pdf
Comments
Loading...