Batik Sebagai Perlengkapan Hidup Sehari-Hari

0 175

Batik Sebagai Perlengkapan Hidup Sehari-Hari

Pentingnya peranan batik dalam kehidupan orang Jawa sehingga selain fungsinya sebagai busana sehari-hari, kain batik juga digunakan pada berbagai banyak upacara, sebagai hadiah atau perlengkapan pada saat-saat tertentu. Ada berbagai macam upacara adat yang sudah mendarah daging di masyarakat Jawa, khususnya seperti halnya sejak manusia dalam kandungan, sudah diperkenalkan dengan upacara sepasaran, selapanan, puputan, tedhak siten dan ruwutan dengan berbagai macam perlengkapannya dan terus berlanjut hingga anak itu menjadi dewasa.

Setelah menginjak dewasa, manusia akan tertarik pada lawan jenis, yang berujung pada keinginan untuk membangun keluarga dan meneruskan keturunan. Upacara adat perkawinan tradisional, mencerminkan pandangan hidup masyarakat terhadap makna hakiki suatu perkawinan antara dua insane, pria dan wanita yang menjamin kelestarian hidup manusia, turun-menurun dari generasi ke generasi.

Tahap akhir dari kehidupan adalah setiap manusia akan meninggalkan dunia dan kembali kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Pada saat itu keluarga yang ditinggalkan akan mengadakan upacara sebagai penghormatan yang terakhir, sebagai ungkapan iman secara religious dengan mendoakan arwah tersebut supaya dapat diterima disisi-Nya.

Setelah berkembang menjadi bahan sandang nasional dan sebagai hiasan, kini batik mulai digunakan untuk membuat perlengkapan dan aksesori seperti tas, kantong ponsel, sandal, dan kipas. Perkembangan produk ini memperkuat daya kreativitas sehingga kegunaan batik pun semakin luas. Dengan begitu batik menjadi sangat akrab dalam kehidupan kita.

Source Batik Sebagai Perlengkapan Hidup Sehari-Hari Batik
Comments
Loading...