infobatik.id

Batik Satrio Manah Tulungagung

0 192

Batik Satrio Manah Tulungagung

Produk Batik yang berasal dari Kabupaten Tulungagung sudah sangat terkenal seantero nusantara dan sudah mampu di export produknya ke luar negri salah satunya adalah Batik Satrio Manah. Produk itu merupakan usaha kerajinan batik tradisional yang sudah lahir sejak dahulu dan menjadi legenda batik nasional.

Batik Satrio Manah sudah berkembang di Desa Bangoan Kedungwaru Tulungagung dan termasuk dalam jenis Batik Bangoan. Sejarah batik Satrio Manah berdiri sejak tahun 1984, dan pemiliknya seorang perempuan yang bernama nyonya Triana. Dalan merintis usaha batiknya ini, beliau selalu menjaga kualitas motif batiknya. Maka itu produk Batik Satrio Manah bisa berkembang dan juga banyak produknya di export ke malasya, brunei sampai ke Timur Tengah.

Ciri khas dari Batik Satrio Manah terletak pada buketan pada setiap motif batiknya, serta konsumen bisa memberikan desain motif sendiri. Salah satu kebanggan produk ini adalah terpilih sebagai desain motif batik terbaik di Tulungagung. Dan juga mereka berkesempatan mendesain pakaian panitia Hari Keluarga Nasional di tahun 2010. Menurut nyonya Triana, Batik tulis manual menjadi kekuatan pada produk Batik Satrio manah, dan dalam menjalankan usahanya ini, beliau di bantu kurang lebih 50 orang. Rumah beliau yang berada di Desa Bangoan di jadikan tempat produksi sekaligus workshop.

Motif Batik Tulungagung menjadi pembeda dari produk batik daerah lain adalah tentang keberanian dalam memberi warna warni di setiap desain batiknya. Dan Batik Tulungagung kebanyakan memakai buketan di tengah motif dasarnya.

Source Batik Satrio Manah Tulungagung Batik
Comments
Loading...