Motif dan Warna Batik Khas Lombok

0 1.476

Sejarah Motif Khas Lombok

Dalam perkembangan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, pemerintah Provinsi NTB tergerak untuk mengembangkan batik . Pada tanggal 17 April 2010 diluncurkanlah salah satu motif  batik ‘Sasambo’. Sasambo ini merupakan akronim dari nama tiga suku besar yang ada di NTB, yaitu Sasak (penduduk asli Pulau Lombok), Samawa (sekarang wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa), dan Mbojo (masyarakat di Kabupaten Bima dan Dompu). Hal ini dengan tujuan agar setiap suku yang ada di NTB merasa memiliki dan saling melestarikan penggunaan batik Sasambo ini.

Motif dan Warna

Motif batik Sasambo terkesan abstrak, indah dan terkesan mistis. Lebih dari itu, ternyata mempunyai nilai sejarah, seni dan filosofi yang sangat tinggi. Setiap motif berkaitan dengan tradisi sehari hari masyarakat NTB.

Motif batik Sasambo ini mengusung adat dan budaya lokal NTB. Ada juga motif ”Kelotok Sapi” atau gantungan kayu kotak berbunyi yang biasa diikat di leher Sapi khas peternak Lombok, ada motif kangkung yang menggambarkan makanan khas Lombok, ada motif Cabe atau Lombok, Mutiara, dan Gerabah. Ada juga motif Rumah Panggung yang mewakili rumah adat di pulau Sumbawa. Kemudian motif Lumbung Raja Bima, Kerang, Daun Pepaya, daun Bebele (semacam pegagan), serta Tokek yang merupakan hewan keberuntungan di Lombok. Beberapa motif ini mulai merjalela dunia batik kawasan Lombok.

Terdapat jugaMotif batik Sasambo yang paling terkenal adalah motif Kangkung karena Lombok sangat terkenal dengan makanan khasnya ‘Pelecing Kangkung’. Warna Batik Sasambo ini beragam, merah, oranye, biru gelap dan lain sebagainya. Sedangkan motif batik Sasambo yang paling digemari oleh masyarakat untuk di beli adalah motif Kangkung yang berwarna merah berpadu kuning keemasan.

Source Batik Sasambo Khas lombok Batik Lombok Sasambo Hits
Comments
Loading...