Batik Sari Warni Jadi Ikon Baleredjo

0 197

Batik Sari Warni Jadi Ikon Baleredjo

Siti Suwarni merupakan ketua kelompok Batik Sari Warni, mengungkapkan, usaha itu berawal dari pelatihan di sanggar Podo Mas, pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) Dusun Binowo, desa setempat. Sanggar Batik Podo Mas hanya melatih peserta kejar paket. Lalu, sanggar tersebut diminta melatih anggota PKK desa setempat. Akhirnya, para ibu yang tergabung dalam binaan Koperasi Wanita (Kopwan) Anggrek Putih itu mampu membatik sendiri. Kemudian, kegiatan tersebut dikembangkan menjadi salah satu unit usaha kopwan.

Saat itu, di Desa Baleredjo terdapat tiga kelompok pembatik. Yakni, Podo Mas, Anggrek, dan Sabrang. ’’Lalu, dalam perjalanannya melebur menjadi satu, yakni kelompok pembatik Sari Warni di bawah binaan kopwan,’’ terang Siti.

Motif khas Batik Kebonsari contohnya Padi Seuli dan Gabah Sinawur. Selain batik tulis, anggota kelompok pembatik Sari Warni sempat berlatih membuat batik jumput. Dari dua cara tersebut muncul varian Batik Sari Warni. Jenis-jenis produk pakaian batik jadi contohnya rok, kaus, dan daster. Harganya pun bervariasi bergantung pada jenis bahannya. Kain batik dihargai Rp 150 ribu–300 ribu. Rok dipatok harga Rp 150 ribu–200 ribu dan kaus Rp 80 ribu–150 ribu. Kemudian, daster dibanderol sekitar Rp 50 ribu–100 ribu.

Pembelinya tidak hanya di Madiun, namun juga merambah hingga Jakarta dan luar Jawa. Bahkan, salah satu butik di Jakarta sudah menjadi pelanggan setia. Sari Warni dapat memproduksi batik sekitar 30 lembar kain sehari. Pekerjanya berjumlah 30 warga desa setempat yang mayoritasnya ibu rumah tangga.

Kepala Desa Baleredjo Puguh Tri Winarso mengungkapkan, Batik Sari Warni sangat prospektif untuk dikembangkan. Namun, beberapa kendala masih ditemukan. Terutama soal tempat khusus yang representatif untuk produksi. Ke depan, pemerintah desa setempat berobsesi membuka galeri batik khas Baleredjo. Berkembangnya usaha batik yang dibina Kopwan Anggrek Putih tersebut menjadi potensi unggulan desanya. Karena itu, dia berharap ada bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk pengembangan Batik Sari Warni.

Source Batik Sari Warni Jadi Ikon Baleredjo Batik
Comments
Loading...