Batik Sampang Nyaris Kehilangan Identitas

0 130

Batik Sampang Nyaris Kehilangan Identitas

Pada zaman dahulu sampai sekarang Kabupaten Sampang dikenal dengan kerajinan batik khasnya dengan ragam warna dan corak yang selalu diburu banyak kalangan yang datang ke Kabupaten Sampang. Tetapi sekarang ciri khas yang terdapat di dalam Batik Sampang ini sudah mulai memudar karena disebabkan oleh banyak faktor hingga memberi kesan batik khas Kota Bahari ini dan nyaris kehilangan identitas batiknya yang sangat menakjubkan. Bahkan mulai memasuki tahun 2013 lalu, aneka ragam khas batik ini dengan segala motif dan coraknya yang beragam menjadi terancam punah.

Salah satu faktor yang menyebabkan batik yang berasal dari Kabupaten Sampang nyaris kehilangan ciri khasnya adalah karena para pengrajinnya lebih banyak memilih pekerjaan lain dengan alasan membuat batik kurang menguntungkan dari sesi ekonomi. Kebanyakan warga yang tinggal di Kabupaten Sampang lebih memilih kerja diluar negeri seperti di negara Arab Saudi dan Malaysia untuk menjadi TKI dan TKW.

Dengan terus berkurangnya pengrajin batik yang ada di Sampang dinilai banyak kalangan sangat disayangkan. Diharapkan peran aktif dari Pemerintah Daerah lebih digalakkan dalam menyediakan pangsa pasar dan publlikasi yang memadai serta mengadakan pelatihan membatik bagi warga yang belum bisa membatik. Minimnya promosi inilah yang diyakini menjadi penghambat terbentuknya brand image Batik Sampang menjadi semakin terpuruk.

Source Batik Sampang Nyaris Kehilangan Identitas Batik
Comments
Loading...