Batik Salem yang Mencuri Perhatian Jokowi

0 150

Batik Salem yang Mencuri Perhatian Jokowi

Bapak Presiden Joko Widodo secara khusus meminta tim dari Badan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk membantu masyarakat di Kecamatan Salem membuatkan produk inovatif dan kreatif batik. Nama Batik Salem di telinga khalayak luas masih belum setenar batik asal Solo, Yogyakarta, atau Pekalongan. Batik produksi itu pun masih sebatas industri rumah tangga. Siapa sangka batik buatan masyarakat Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, tersebut mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki batik mana pun di daerah lain yang memang sudah dikenal sebagai sentra batik.

Meskipun termasuk dalam wilayah Jawa Tengah, hampir sebagian besar masyarakat di Kecamatan Salem menggunakan bahasa Sunda untuk berinteraksi satu sama lain. Kecamatan Salem sendiri berada di paling barat di Kabupaten Brebes yang berbatasan langsung dengan Kuningan, Jawa Barat. Para perajin batik di Kecamatan Salem memang masih berskala rumah tangga. Sehingga tidak sama dengan perajin batik dari Yogya, Solo, ataupun Pekalongan yang kini sudah dikelola secara industrial.

Perajin di Kecamatan Salem, para ibu di sana membuat batik hanya untuk mengisi waktu luang selesai melakukan tugas rumah tangga. Sedangkan, sebagian lainnya para ibu yang membatik sambil menunggu warung ataupun kios di depan rumah mereka. Ada beberapa kelebihan batik tangan dibandingkan dengan batik yang dibuat dengan cap. Yang paling utama, hasil karya batik tangan lebih artistik. Nilai lebih itulah yang membuat batik tangan diburu para kolektor batik. Selain itu, batik tangan juga lebih panjang dari segi usia. Di Kecamatan Salem, lanjut dia, terdapat 20 lebih jenis motif yang dibuat perajin Batik Salem.

Lebih dari 20 motif, tiga di antaranya merupakan yang terbaik dan paling diminati pembeli. Ketiga jenis motif tersebut tidak dapat diproduksi secara industrial, tetapi hanya dapat dibuat dengan tangan. Batik Salem dengan tiga motif ini pun hanya perajin yang berpengalaman bertahun-tahun dan memiliki ketelitian ekstra yang mampu melakukannya. Ketiga motif tersebut adalah Motif Kopi Pecah, Manggar, dan Sawat Rantai. Dari beberapa motifnya susah untuk ditiru dan memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2636077/batik-salem-yang-mencuri-perhatian-jokowi http://news.liputan6.com/read/2636052/jokowi-dijadwalkan-buka-sidang-umum-interpol-di-bali
Comments
Loading...