Batik Salem Brebes Digemari Warga Singapura Dan Malaysia

0 131

Batik Salem Brebes Digemari Warga Singapura Dan Malaysia

Kabupaten Brebes selama ini dikenal sebagai penghasil bawang, telor asin, dan tak lain juga batik tulis. Sebenarnya keberadaan batik ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dikenalkan kepada masyarakat luas diluar  Kabupaten  Brebes. Potensi batik ini keberadaanya  dipucuk gunung dibagian selatan Kabupaten Brebes yaitu di Desa Bentar Kecamatan Salem. Batik tulis merupakan home industri karena mayoritas warganya sebagai pengrajin batik tulis, batik tulis beraneka ragam motif yang berciri khas dan berbeda dengan batik daerah-daerah lain. Pengrajinnya sudah menemukan jati dirinya  dalam menciptakan motif batik tersebut, sedangkan pemasarannya sudah  mencapai keluar negeri seperti Singapura dan Malaysia, karena motifnya yang unik dan disukai mereka coraknyapun  tidak kalah dengan motif-motif batik hasil produksi daerah lain.

Warwin Sunardi merupakan salah satu pengrajin batik yang cukup sukses dalam menciptakan corak dan motif batik, hasil karya terbarunya menciptakan motif yang disesuaikan dengan icon Kabupten brebes yaitu dengan nama Berkah Bumi Brebes. Didalam motif batik tersebut ada gambar bawang, telor asin dan burung merak yang melambangkan keberkahan bumi Kabupten Brebes, sementara pemasaran hasil produksi Warwin telah mendapat pesanan dari luar Kabupaten Brebes juga sudah mencapai keluar negeri diantaranya Singapura dan Malaysia. “Dua nagara tersebut setiap bulanya secara rutin meminta dikirim 40 – 50 potong batik tulis brebesan bermotip baru yang dinamakan batik tulis berkah bumi brebes” ujarnya.

Pemilik show room Mitra Batik Salem mengatakan hasil produksinya sampai saat ini stok batik melimpah dengan berbagai motif untuk dipasarkan atau dijual dalam menyambut  lebaran mendatang.  Lebih lanjut, mengatakan untuk menjelang lebaran pihaknya memprediksi akan  menjadi berkah bagi pengusaha maupun pengrajin batik tulis di Kecamatan Salem, Brebes. Sebab, penjualan maupun pesanan kain batik jelang lebaran ada peningkatan yang signifikan, diperkirakan sekitar 60 persen  atau 4 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa, karena dipastikan  masyarakat  untuk membeli baju baru jelang hari lebaran ini akan meningkat.

Selain itu lebaran  selalu menjadi momentum paling istimewa bagi mayoritas masyarakat untuk membeli baju baru termasuk kain batik yang dijadikan busana  dan menjelang lebaran harga batik sangat relatif terjangkau oleh masyarat. Dengan  naiknya angka penjualan menunjukkan batik Salem semakin disukai oleh pasar. Dan membuat perajin semakin bergairah memproduksi batik sementara perkembangan batik Salem tidak lepas dari campur tangan pemerintah Kabupaten dan Provinsi, maupun Pusat.

Pengrajin batik tulis di Desa Bentar ini perlu mendapat apresiasi yang luar biasa karena pemasarannya saat ini telah mencapai menembus pasaran keluar negeri dan membawa harum nama Kabupaten Brebes dimata dunia.

Source http://www.suararakyattegal.com/ http://www.suararakyattegal.com/2015/07/batik-salem-brebes-digemari-warga.html
Comments
Loading...