infobatik.id

Batik Sagu di Kep. Meranti

0 9

Batik Sagu di Kep. Meranti

Indonesia terkenal dengan Batiknya yang mendunia, selain mendunia tentunya batik juga merambah ke daerah yang nota bene bukan penghasil atau pengrajin Batik, tetapi daerah itu telah memiliki ciri khas tersendiri dari desain batik yang di miliki daerahnya. Salah satu pengrajinnya yaitu Vega.
Batik Sagu itulah namanya, batik khas asal Kabupaten kepulauan meranti ini merupakan batik yang baru launching belum lama ini, karena kecintaanya pada budaya indonesia meranti juga menciptakan batik untuk kepentingan budaya selain itu juga tetap melestarikan dan membangun ras cinta terhadap Batik itu sendiri. Batik Meranti memiliki ciri khas tersendiri seperti batik-batik pada umumnya setiap daerah memiliki ciri khas tertentu, sama halnya dengan ciri khas batik sagu meranti, Batik sagu meranti memiliki  3 motif batik sagu yakni :
  • Motif pohon sagu bestari
  • Motif meranti insipirasiku
  • Motif buah kedabu
Adapun Motif batik sagu dari motif di atas di ambil dari corak flora dan fauna meranti seperti pohon sagu yang menjadi ikon kab, meranti, pinang merah kehijauan, daun sirih berwarna hijau, buah berembang, perahu layar, yang mengambarkan potensi ikan meranti, gelombang laut, serta tidak meninggalkan historis meranti yang bernuansa Islami yang identik dengan melayu, serta menampilkan selembayang berbentuk segi tiga, selain melayu juga bernuansa islam tentunya.
Semoga masyarakat meranti bangga telah memiliki batik sendiri, dan menjadikannya sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari yakni bangga memakai Batik sendiri dan menghargai budaya yang telah dibawa oleh para leluhur dahulu.
Source http://merantipopuler.blogspot.co.id/ http://merantipopuler.blogspot.co.id/2015/01/batik-meranti-batik-sagu.html
Comments
Loading...