Batik Sablon Malam

0 305

Batik Sablon Malam

Batik sablon malam merupakan salah satu jenis proses produksi batik yang teknis pembuatannya sama seperti proses batik sablon, namun yang disablonkan bukan pewarna melainkan malam. Prinsip batik ini merupakan teknik kombinasi batik sablon dan batik cap. Penggabungan dua teknik, batik sablon malam memiliki kualitas yang bagus. Dari sisi motif, bisa sangat detail dan rapi. Dari sisi warna, bisa sangat awet dan mengkilap karena kedua sisi kain mori terkena proses pewarnaan semua.

Proses pembuatan batik sablon malam yaitu, siapkan desain dalam ukuran satu bahan, kurang lebih ukuran 2 x 1 meter. Cetak film desain dalam plankan (plankan yang digunakan adalah khusus untuk cairan malam). Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan. Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang agar hasil sablon bisa lurus. Letakkan plankan di atas kain, lalu tuangkan cairan malam dan tarik dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet. Tunggu beberapa saat hingga malam mengeras. Celup kain mori kedalam tangki pewarna. Rebus kain mori untuk proses lorod yang bertujuan menghilangkan bekas malam. Keringkan kain mori. Ulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

Kelebihan batik sablon malam adalah kecepatan dalam produksinya dan daya tahan warnanya lebih lama. Batik sablon malam juga menggunakan plankan untuk pembuatan motifnya. Bedanya pori-pori plankan yang digunakan agak lebih besar dari pada batik sablon. Selain itu bahan plankan dan film yang digunakan juga harus tahan panas, karena akan dilewati cairan malam panas. Oleh karena itulah biaya batik sablon malam relatif lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain, tetapi kualitasnya juga sangat mempesona. Ciri-ciri batik sablon malam adalah motif bisa tidak berulang, desain bisa lebih detail, warna pada kain sama di kedua belah sisi, warna lebih tahan lama dan mengkilap. Harga kain batik sablon malam relatif tinggi dibantingkan dengan kain print yang bermotif batik.

Perkembangan batik sablon malam sudah banyak diproduksi di Kota Pekalongan. Penemuan teknologi ini sejak tahun 1980-an dan dikembangkan sampai sekarang. Awalnya harga batik sablon malam bisa mencapai jutaan rupiah. Namun lambat laun, para pembatik asal Pekalongan sendiri yang merusak harga. Batik itu dianggap sebagai batik sablon ataupun batik printing, sehingga orang akan merendahkan kualitas batik itu. Sebab dalam dunia perbatikan, batik sablon maupun batik printing dianggap bukan batik, karena tidak ada perintang lilin. Perkembangan batik memang harus didorong terus agar produksinya lebih berkualitas.

Bahkan dengan teknologi seperti proses batik sablon malam agar produksinya bisa lebih banyak lagi. Dan diharapkan batik Indonesia mampu mengusai pasaran batik dunia. Batik sablon malam hasilnya lebih halus dibanding dengan batik cap, bahkan hampir sama dengan batik tulis. Batik ini prosesnya masih menggunakan tenaga manual, menggunakan lilin sebagai perintangnya, dan pewarnaannya dengan proses pencelupan.

Source Batik Sablon Malam Batik
Comments
Loading...