Batik Riau Motif Semut Beriring Turun

0 138

Batik Riau Motif Semut Beriring Turun

Sebagai masyarakat Riau, seharusnya kita mengetahui kebudayaan Riau. Salah satunya adalah corak batik Riau. Tapi tahukah Anda ada beberapa corak Batik Riau yang terisnpirasi dari hewan. Seperti yang diungkapkan Aden, pemilik toko batik Corak Riau di Jalan Durian beberapa hari lalu.

Semut Beriring Turun

Pada dasarnya kalau kita lihat, pada coraknya tidak terlihat semut yang sedang beriringan tetapi mungkin inilah salah satu dari sekian banyak corak yang dibuat oleh seniman Riau pada zaman dahulu. Jika di lihat lagi sekilas sebenarnya corak ini sekilas mirip dengan sebuah tali tambang yang terlilit dengan kokoh dari pada semut beriringan.

Orang tua-tua (Melayu) menjelaskan bahwa kearifan orang melayu dalam menyimak ajaran Islam disekitarnya memberikan mereka peluang besar dalam memilih atau menciptakan motif. Hewan yang terkecil seperti semut, yang selalu bekerja sama mampu membuat sarang yang besar, mampu mengangkat barang-barang yang jauh lebih besar dari badannya, dan bila bertemu selalu berangkulan, memberi ilham terhadap pencintaan motif untuk mengabadikan perihal semut itu dalam motif tersebut sehingga lahirlah motif yang dinamakan motif semut beriring.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa lahirnya motif semut beriring adalah dikarenakan filosofi dari semut yang selalu bekerja sama, selalu beriringan dan mampu memikul beban yang berat. Dengan kata lain motif semut beriring memiliki makna gotong royong, tahu diri dan tetap pendirian.
Source http://www.bertuahpos.com http://www.bertuahpos.com/lifestyle/5-corak-batik-riau-yang-terinspirasi-dari-hewan.html
Comments
Loading...