Batik Rereng Ciwangi Khas Sukabumi

0 265
Batik Sukabumi mulai muncul dan berkembang atas bantuan dari Dekranasda Kabupaten/Kota dan promosinya diintegrasikan dalam promosi wisata daerah. Motif Batik Sukabumi yang dihasilkan mencirikan daerah Sukabumi yang diambil dari alam, satwa dan dongeng sunda. Penentuan motif batik khas Sukabumi diambil dari potensi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat Sukabumi salah satunya adalah Batik Rereng Ciwangi.

Batik Rereng Ciwangi

Batik Rereng Ciwangi proses pembuatannya terinspirasi dari dongeng rakyat yaitu Nyimas Ciwangi, yaitu dimana menunjukan seorang wanita yang bernama Nyimas Ciwangi mengalahkan raksasa yang memiliki tujuan merusak alam, merusak pohon, hingga gunung pun digunduli. Hanya menggunakan lembaran tenunan daun suji berwarna hijau, sang raksasa dapat dikalahkan, tubuh raksasa tersebut menjadi hijau karena tergulung oleh lembaran daun suji, raksasa pun ketakutan kerena kulitnya berubah berwarna hijau dan raksasa pun lari dalam keadaan tergulung daun suci dan akhirnya jatuh kedalam kolam air panas hingga tubuhnya pun melepuh menyatu dengan air. Beberapa minggu setelah kejadian tersebut hutan, gunung dan pepohonan tumbuh asri kembali.

Filosofi batik Rereng Ciwangi adalah motif yang mengandung nasihat atau peringatan yaitu siapapun yang bernafsu melakukan pengrusakan terhadap alam, tidak lain mereka hanyalah sesosok raksasa jahat yang padaakhirnya akan menerima akibatnya sendiri, pada saat ini raksasa di sini bisa saja berbentuk manusia, perusahaan, mesin, atau pabrik-pabrik yang lalumerusak alam

Source Batik Rereng Ciwangi Khas Sukabumi Filosofi Batik
Comments
Loading...