Batik Reog Kendang

0 436

Batik Reog Kendang Terinspirasi Kesenian Daerah

Kesenian Reog Kendang merupakan kesenian khas daerah yang berasal dari Tulungagung Jawa Timur. Reog kendang kini tidak hanya bisa dinikmati dalam bemtuk tari-tarian saja, namun juga dalam seni batik.

Terinspirasi dari kesenian lokal daerahnya seorang mahasiswa di Tulungagung ciptakan batik khas Tulungagung yang disebut Batik Reog Kendang. Kini Motif Batik Reog Kendang ini banyak disukai pecinta batik dan menjadi ikon baru di kota marmer tersebut dengan harga bervariasi.

Motif Batik Reog Kendang ini, tercipta dari tugas skripsinya saat menyelesaikan kuliah sarjana dua tahun yang lalu. Dari hasil penelitian tersebut diketahui jika selama ini belum ada pengrajin batik di Tulungagung, yang mengangkat kesenian tradisional khas kota marmer inike dalam motif batik. Sementara di beberapa daerah lain, kesenian daerah menjadi motif batik khas justru banyak dicari wisatawan.

Dari hasil penelitian skripsi awalnya, Motif Batik khas Reog Kendang dibuat dari inspirasi dari daerah lain, yang kesenian bisa menjadi motif batik dan banyak dicari wisatawan. Di Ponorogo kesenian Jathilan sudah menjadi Motif Batik, dan di Tulungagung ya Reog kendang ini. Kini Motif Batik buatan mahasiswi Pasaca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta ini banyak dicari para pecinta batik. Bahkan seluruh instansi dan SKPD yang ada di Tulungagung memakai Batik Motif Reog kendang ini sebagai seragam mereka.

Dalam Batik Reog Kendang, terdapat enam unsur pokok dalam kesenian tari reog kendang, yang digambarkan secara artistik ke dalam kain, yakni kendang, kenong, terompet naga, ikat kepala dan gelang kaki. Belum puas dengan karyanya tersebut, sampai dengan saat ini, Utari terus berupaya untuk menyempurnakan Batik Reog Kendang, dengan memasukkan unsur-unsur Reog Kendang lainnya, agar motif batik semakin lengkap.

Untuk menciptakan satu lembar kain Batik Motif Reog Kendang ini dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Proses yang dilalui adalah pembuatan pola, mencanting, pewarnaan dan finishing. Harga yang dibanderol untul satu lembar kain dijual dengan harga Rp. 300.000 sampai Rp. 400.000.

Source Batik Reog Kendang Batik
Comments
Loading...