Batik Ramah Lingkungan

0 206

Batik Ramah Lingkungan

Sekarang batik tidak saja dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia saja, namun telah dipakai oleh para masyarakat luar negeri bahkan beberapa artis terkenal luar negeri pernah terlihat memakai baju batik dalam acara yang mereka hadiri. Kesenian batik telah berhasil berkembang dengan pesat tidak saja di Indonesia namun juga banyak dicari oleh masyarakat dunia internasional. Pola motif baju batik yang unik dan juga proses pembuatan nya yang khas membuat batik ini memiliki ciri unik tersendiri, apalagi beberapa kain batik masih bertahan dengan menggunakan warna alam.

Tingginya kepedulian masyarakat luar negeri terutama Eropa terhadap lingkungan yang sehat dan bersih membuat kain batik dan baju batik yang menggunakan warna alami memiliki daya tarik tersendiri buat mereka. Kepedulian masyarakat Eropa terhadap lingkungan hidup ini sebenarnya sebuah pasar tersendiri yang cukup potensial bagi para seniman batik yang ada di Indonesia. Batik pada zaman dahulu adalah seni yang proses pemberian warnanya menggunakan semua bahan yang berasal dari alam lingkungan sehingga tidak menimbulkan limbah yang membahayakan. Penggunaan bahan pewarna alami ini mulai ditinggalkan sejak masuknya zat warna buatan ke wilayah Indonesia.

Untuk dapat memperoleh warna yang cepat dan dengan biaya yang murah membuat sebagian besar seniman batik kemudian mengalihkan pewarna mereka dari warna alam menjadi warna buatan. Tetapi dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup yang sehat, saat ini penggunaan bahan warna alami kembali muncul dan kembali digalakkan oleh pemerintah terutama dalam menghadapi persaingan global.

Penggunaan bahan warna alami pada batik akan memberikan keunggulan tambahan bagi seni batik yang memang telah unik dan juga khas. Bahan warna alami ini dapat menjadi nilai jual yang tinggi terutama bagi para konsumen yang berada di Eropa. Walaupun tampaknya merupakan hal yang sepele, namun bumi ini sudah cukup banyak menerima limbah kotoran hasil dari berbagai macam industri. Maka menjadi tugas kita lah untuk menjaga agar bumi tetap hijau dan dapat menjadi tempat hidup yang nyaman bagi umat manusia. Batik ramah lingkungan dengan menggunakan warna alam dapat menjadi salah satu langkah awal untuk membuat bumi ini menjadi lebih baik.

Source Batik Ramah Lingkungan Batik
Comments
Loading...