Batik Purworejo Belum Temukan Jati Diri

0 151

Batik Purworejo Belum Temukan Jati Diri

Perajin batik sudah mulai betebaran diberbagai desa yang ada di Kabupaten Purworejo, namun hingga kini batik yang menjadi jati diri Purworejo belum juga ditemukan. Masing-masing perajin masih menghasilkan batik dengan motif dan corak yang berbeda. “Sampai sekarang kami belum bisa menentukan jati diri batik Purworejo yang sebenarnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperdag) Purworejo Dra Titik Mintarsih MPd.

Perkembangan batik di Kabupaten Purworejo pada tahun-tahun terakhir cukup pesat. Bahkan perajin batik tumbuh di berbagai desa baik melalui UMKM maupun mandiri. Disamping itu juga berbagai pelatihan membatik selalu dilaksanakan dengan berbagai kelompok dari dinas yang bersangkutan.

Dari berbagai perajin batik, berkreasi menuangkan motif batik dengan gambar-gambar produk unggulan Purworejo seperti makanan dan bahkan hewan dan tumbuhan. Bahkan sekarang ini tumbuh Batik Mangrove, meskipun hutan mangrove baru di kembangkan di wilayah pantai selatan.

Source http://krjogja.com/web/ http://krjogja.com/web/news/read/38079/Batik_Purworejo_Belum_Temukan_Jati_Diri
Comments
Loading...