Batik Pura Mangkunegaran

0 273

Batik Pura Mangkunegaran

Mangkunegaran merupakan suatu dinasti yang berasal dari dinasti Kerajaan Matararn, yang terletak di Karesidenan Surakarta dan penguasanya adalah Pangeran Sambemyawa yang bertakhta sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I. Istana Mangkunegaran berdiri setelah ditandatanganinya Perjanjian Salatiga pada 17 Maret 1757 di Salatiga. Kekuasaan kadipaten ini berlangsung antara tahun 1757 hingga 1946. Pura Mangkunegaran memiliki banyak seniman batik yang penuh daya kreativitas, di antaranya Ibu Bei Mardusari yang juga dikenal sebagai pesinden RRI Surakarta dan sekaligus seorang penari Jawa. Salah satu batik karyanya adalah Buketan Pakis. Selain itu, di Pura ini juga ada Ibu Kanjeng Mangun Kusumo yang telah menciptakan motif batik Liris Cemeng.

Gaya Motif Batik Pura Mangkunegaran mirip dengan batik Keraton Surakarta, tetapi dengan warna soga cokelat kekuningan. Meski demikian, Batik Pura Mangkunegaran selangkah lebih maju dalam penciptaan motif. Hal ini tampak dari banyaknya motif-motif batik asli Pura Mangkunegaran, seperti Buketan Pakis (karya Ibu Bei Mardusari), Sapanti Nata, Ole-ole, Wahyu Tumurun, Parang Kesit Barong, Parang Sondhen, Parang Klithik Glebag Seruni, dan seperti disebut sebelumnya juga Liris Cemeng dan Buketan Paris.

Keindahan yang terdapat pada Batik Pura Mangkunegaran mampu mencerminkan karya seni yang matang. Hal ini terlihat dari pengaturan komponen isen-isen, peletakan hiasan sebagai penyusun pola, Serta tampilan secara keseluruhan yang tampak lebih luwes dan serasi. Karya-karya Batik Pura Mangkunegaran dibuat oleh pengusaha Batik Surakarta yang selain membuat batik untuk Pura Mangkunegaran juga membuat untuk Keraton Surakarta.

Source Batik Pura Mangkunegaran Batik
Comments
Loading...