infobatik.id

Batik Probolinggo Motif Sulur Pao

0 46

Batik Probolinggo Motif Sulur Pao

Batik menjadi sebuah identitas untuk mengenali dari daerah mana batik tersebut dibuat. Kabupaten Probolinggo tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan batik yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Probolinggo terletak di Propinsi Jawa Timur, kabupaten ini dikelilingi beberapa gunung yaitu Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Gunung Tengger.

Pembuatan Motif Batik Khas Kota Probolinggo harus menguasai tekhnik pembuatan batik secara manual atau batik tulis dengan nuansa alami seperti unsur Bayu, Angin, Anggur dan Mangga (Bayuangga), sehingga batik mempunyai corak khas dan berbeda dengan batik-batik yang lain. Batik Khas Kota Probolinggo yang asli dibuat secara tradisional atau jenis batik tulis yang bermotif alamiah, cara pembuatannya yaitu dengan cara menggambar batik, terus memakai malam, setelah itu diwarnai sesuai dengan motif.

 

Beberapa motif batik dengan desain kontemporer yang unik namun tetap bernuansa khas kota Probolinggo dengan warna yang cerah dan pastel. Misal Batik Motif Sulur Pao yang merupakan salah satu motif khas Probolinggo yang diangkat dari ikon kota Probolinggo sebagai Kota penghasil mangga. Kata Sulur berarti juga merambat dan Pao adalah mangga dari bahasa madura. Warna yang berani dan tegas mencerminkan budaya masyarakat kota Probolinggo.

Batik Probolinggo sepenuhnya didorong oleh Pemkot Probolinggo untuk berkembang dan menjadi salah satu identitas Kota Probolinggo, yang diakui masyarakat Indonesia.

Source Batik Probolinggo Motif Sulur Pao Batik
Comments
Loading...