infobatik.id

Batik Printing Tekstil Yang Bermotif Batik

0 110

Batik Printing Tekstil Yang Bermotif Batik

Kegiatan manusia yang dibantu oleh teknologi menjadi lebih cepat dan lebih tepat guna. Tak terkecuali pada industri batik. Perkembangan jaman menuntut para pengusaha batik untuk mampu memenuhi pesanan. Dengan permintaan yang tinggi, maka pengerjaan batik dituntut selesai dalam waktu singkat. Maka dengan alasan itulah terciptalah batik printing. Batik printing mengandung motif batik didalamnya, namun tidak serta merta dapat pula disebut sebagai batik begitu saja. Batik printing sesungguhnya lebih tepat dikatakan sebagai tekstil yang memiliki motif batik. Karena waktu pengerjaannya yang cepat serta biaya produksi yang lebih rendah, batik printing begitu cepat merebut hati para konsumen. Karena kepopuleran batik, masyarakat ingin memiliki batik namun dengan harga terjangkau demi mengikuti tren. Bahkan karena kepopulerannya, beberapa waktu yang lalu muncullah motif batik yang disisipi dengan logo klub sepak bola kenamaan dunia. Produksi batik ini laris manis dipasaran.

Teknologi memang tidak selalu membawa dampak positif, perkembangan pesat batik printing mematikan induatri batik tulis dan cap. Gejala industri batik tulis yang mulai merosot sebenarnya sudah dimulai pada tahun 1970-an. Produksi tekstil dari Cina yang mulai masuk ke Indonesia mampu membaca kebutuhan pentingnya kain batik untuk masyarakat Indonesia, sehingga mereka menciptakan tekstil dengan motif batik intuk konsumsi Indonesia. Namun bila melihat perkembangan kepopuleran batik tradisional (batik tulis) sekarang, pengusaha batik harus optimis produknya menjadi pilihan utama konsumen dalam negeri. Untuk mencapai hal itu dibutuhkan beberapa hal, yakni perihal brand, kualitas, serta standar yang bagus.

Dengan memperhatikan branding, yakni mempopulerkan kembali batik, apakah batik sejatinya sehingga masyarakat memahami bahwa dengan membeli batik tulis bukan hanya membeli selembar kain untuk bahan pakaian semata namun mereka juga membawa pulang karya seni yang luhur warisan budaya sehingga masyarakat akan lebih mengapresiasi. Kualitas memang didapatkan dengan biaya produksi yang terbilang tidak sedikit, namun kualitas yang bagus akan menempati kepercayaan konsumen dengan mudah. Terakhir adalah standar, standar yang ditetapkan oleh pengusaha batik tulis akan lebih baik jika tidak terpengaruh oleh daya beli masyarakat. Standar batik yang baik, akan memperoleh pangsa pasar yang lebih sedikit, namun dibalik itu batik akan dihargai lebih baik oleh pembelinya.

Source http://batiksolo.id/ http://batiksolo.id/2017/12/22/batik-printing-tekstil-yang-bermotif-batik/
Comments
Loading...