infobatik.id

Batik Printing Membanjiri Pasar Pamekasan

0 25

Batik Printing

Batik yang dibuat dengan menggunakan teknik printing atau cetak motif mesin, sekarang mulai menguasai pasar batik di Pamekasan, Jawa Timur, sejak Masyarakat Ekonomi Asean diterapkan. Batik Printing dijual jauh lebih murah dipasaran sedangkan untuk harga Batik Tulis dijual dengan harga yang mahal. Batik Printing yang banyak dijual di pasar lokal Pamekasan meniru Motif Batik Tulis Madura, seperti Motif Batik Tanjung Bumi Bangkalan dan Motif Batik Klampar, Pamekasan.

Kebanyakan pembeli yang datang lebih memilih harga batik yang lebih murah tetapi dengan kualitas batik yang hampir sama dengan Batik Tulis. Keberadaan Batik Printing dengan motif mirip Batik Tulis di pasaran itu, memang tidak bisa digugat, karena sudah menjadi konsekwensi dari pemberlakukan pasar bebas Asean.

Hanya saja, pemerintah perlu memberikan perlindungan kepada pengrajin batik lokal di Pamekasan agar mereka tetap bisa bertahan. Caranya dengan menggencarkan sosialisasi, bahwa ada perbedaan antara batik tulis dengan batik printing. Minimal konsumen mengetahui bahwa proses pembuatan batik tulis lebih sulit dibanding Batik Printing. Ahmadi menjelaskan, akibat maraknya batik printing di pasaran itu, kini penjualan batik tulis merosot.

Menanggapi keluhan pengusaha dan pengrajin batik itu, Ketua Komisi II DPRD Pamekasan Moh Hosnan Achmadi menyatakan, pemkab memang perlu melakukan upaya untuk melindungi para perajin batik tulis lokal Pamekasan. “Pasar bebas Asia memang telah menjadi komitmen bersama, tapi perajin lokal juga harus dilindungi. Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk melindungi pengrajin kita,” kata politikus Partai Amanat Nasional Pamekasan itu.

Source Batik Printing Membanjiri Pasar Pamekasan Batik
Comments
Loading...