Batik Pewarna Alam Di Indramayu

0 73

Batik Pewarna Alam Di Indramayu

Sejumlah perajin batik di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengaku pertahankan pewarna natural untuk memproduksi batik tradisional sehingga diminati pasar lokal dan ekspor. Murdanto, perajin batik tulis Paoman Indramayu kepada wartawan di Indramayu, Sabtu mengatakan, warna alam (Natural dyes) dipertahankan oleh perajin karena merupakan warisan nenek moyang mereka, selain itu diminati oleh konsumen lokal dan pasar ekspor.

Keunggulan pewarna baik natural, kata dia, mudah mendapatkan bahannya karena pesisir utara Indramayu melimpah berbagai jenis pohon yang dibutuhkan. Menurut Mur, butuh keterampilan juga ketekunan perajin sendiri untuk menggunakan pewarna alam tersebut. Ia menambahkan, pewarna sintetis lebih mudah, mudah dan cepat karena tersedia ditoko penjual obat pewarna batik, namun pewarna alam harus kreatif perajinnya.

“Batik tulis berbahan nabati harganya cukup tinggi dibandingkan yang menggunakan pewarna sintetis, karena proses pembuatanya cukup rumit dan butuh waktu panjang,”katanya.

Rasimah perajin lain mengaku, pewarna natural lebih ramah lingkungan, dibandingkan sintetis bagi perajin di Pantura biasanya mereka memanfaatkan tumbuhan, akar, kulit dan batang kayu sebagai bahan dasar pewarna. Tanaman yang bisa dimanfaatkan seperti daun alpokat, daun mangga,tanaman indigo, kulit mahoni dan akar pohon mengkudu, kata dia, sebenarnya lebih gampang mendapatkannya kendalanya hanya dalam proses pembuatan batik. Kasmadi, pedagang batik mengaku, batik berbahan nabati semakin diminati oleh pasar Eropa seperti Amerikan, Spayol, Jerman, Belanda dengan mempertahankan corak batik khas Pantura Kabupaten Indramayu yakni batik Paoman. Motif Paoman Indramayu yang diminati pasar Eropa yakni Etong motif ikan, kapal kandas, ganggeng (ganggang laut), kembang gunda (tumbuhan yang hidup di pinggir pantai), dan Loksan.

Source http://id.beritasatu.com/ http://id.beritasatu.com/home/pewarna-alami-tetap-digunakan-batik-indramayu/56852
Comments
Loading...