Batik Penyu Khas Sukabumi

0 246

Daerah Sukabumi termasuk daerah dengan kerajinan batik yang masih baru. Sukabumi menginisiasi motif baru yang berasal dari ciri khas daerah tersebut. Beberapa tahun terakhir batik Sukabumi menunjukkan eksistensinya dalam pengembangan batik. Batik Sukabumi mulai muncul atas bantuan Dekranasda Kabupaten/Kota dan promosinya diintegrasikan dalam promosi wisata daerah. Penentuan motif batik khas Sukabumi diambil dari potensi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat Sukabumi.

Batik Penyu

Pembuatan batik Penyu terinspirasi dari tempat kawasan Pangumbahan Sukabumi, yaitu pusat Konservasi Penyu di Kabupaten Sukabumi terletak di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap. Konservasi ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah kabupaten Sukabumi. UPTD Konservasi Penyu mengelola kawasan sepanjang 2,4 Km daerah tempat penyu bertelur. Kawasan sepanjang 14 km tersebut dibagi kedalam 6 titik pusat bertelornya Penyu dimana tempat tersebut merupakan konservasi penyu yang didirikan sejak bula Juli 2013 dan telah mengevaluasi 123 sarang penyu dengan metode penetasan secara alami.

Filosofi batik Penyu adalah jangan pernah sesekali meremehkan seseorang hanya dari satu aspek saja ada kalanya kita tidak melihat apa yang melekat pada tubuh seseorang sebagai penilaian. Bukan hal yang bagus untuk meremehkan seseorang karena melihat penilaian dari luar, tidak akan pernah tahu pada beberapa waktu yang akan datang, seseorang yang diremehkan bisa jadi merupakan mengantar rezeki yang tak terduga. Layaknya penyu yang bergerang di dataran kering, akan tetapi berbeda ketika dia berenang di dalam air.

Source Batik Penyu Khas Sukabumi Filosofi Batik
Comments
Loading...