Batik Patran Keris

0 115

Batik Patran Keris

Munculnya kegiatan membatik di wilayah Cirebon karena peranan Ki Gede Trusmi. Beliau merupakan pengikut setia Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam salah satunya melalui kegiatan membatik. Dahulu kegiatan membatik juga dilakukan oleh anggota tarekat yang mengabdi di keraton cirebon dan anggota tarekat tersebut tinggal di desa Trusmi dan sekitarnya. Kegiatan membatik dijadikan sebagai sumber pendapatan untuk kelompok tarekat tersebut. Pusat gerakan tarekat ini berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Konon, perkembangan Batik Cirebon berhubungan erat dengan perkembangan gerakan ini.

Batik Cirebon adalah batik dengan motif yang unik dan khas yang tergolong dalam kelompok Batik Pesisiran. Akan tetapi ada juga beberapa motif batik Cirebon yang tergolong kelompok batik keraton, Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Salah satu jenis Batik Cirebon adalah Batik Patran Keris.

Batik Patran Keris merupakan salah satu jenis batik klasik. Batik ini juga salah satu batik yang sering dipesan oleh orang Jepang. Orang Jepang senang menggunakan batik patran keris sebagai bahan kimono. Hal ini membuktikan bahwa Batik Cirebon telah dikenal dan digemari oleh mancanegara.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-cirebon/ https://batik-tulis.com/blog/batik-solo/
Comments
Loading...