Batik Parang yang Sakral dan Tertua di Indonesia Diklaim Miss Grand Internasional Malaysia 2017

0 111

Batik, kain khas kebanggan masyarakat Indonesia telah di akui UNESCO sebagai warisan budaya mempunyai nilai histori tersendiri.Kearifan lokal ini pun begitu dijaga dan dilestarikan estetikanya. Tak heran, baru-baru ini warganet sempat dibuat geram oleh Miss Grand International dari Malaysia karena mengklaim batik parang berasal dari Malaysia.

Emosi warganet memuncak saat Miss Grand Malaysia 2017, Sanjeda John turut berkomentar dan mengklaim bahwa batik motif parang tersebut berasal dari Malaysia.”Gosh batik Malaysian pun mau claim hak milik.. My God please forgive their stupidity,” tulis Sanjeda di Instastory-nya Menanggapi Sanjeda John yang turut berkomentar dan menuliskan terkait klaim batik, warganet langsung membanjiri postingan Debra Jeanne Poh Perang komentar pun terjadi antara warganet Indonesia dan Malaysia natasyajuan01@guru.inspiratif

 

Motif Batik Parang Hanya Boleh di Kenakan Keluarga Kraton

Motif batik parang merupakan motif sakral dan paling tua di Indonesia.Corak ini dulunya hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan Keraton Solo dan Yogyakarta.

Tapi, warga di luar keraton tersebut tidak dilarang memakainya.Batik Parang memiliki nilai besar dalam filosofinya yang mengandung petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Selain itu, menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus.

Source http://bangka.tribunnews.com http://bangka.tribunnews.com/2018/10/16/batik-parang-yang-sakral-dan-tertua-di-indonesia-diklaim-miss-grand-internasional-malaysia-2017?page=2
Comments
Loading...