Batik Parang Pranginan Layur

0 153

Batik Parang Pranginan Layur

Batik Semarangan sama seperti halnya dengan batik pesisiran lainnya yang tidak mengikuti pakem membatik seperti yang ada di wilayah Solo atau Jogja. Sejak jaman dahulu, karakter warga Kampung Batik semarang dalam membuat batik selalu mengedepankan konsep bebas dengan membuat motif batik yang sesuai dengan kreasi atau keinginan mereka sendiri. Salah satunya adalah Sanggar Batik Semarang 16 yang berada di Desa Meteseh Kecamatan Tembalang, Semarang. Dan Workshop Batik Sri Asih di RT 03 / RW 09 Plamongansari Semarang.

Batik Parang Pranginan Layur di produksi dari Sanggar Batik Semarang 16. Merupakan paduan motif klasik parang yang sudah dimodifikasi, dengan motif ceplok yang bersumber dari lubang ventilasi di masjid bersejarah Kampung Layur. Keberadaan motif dari ornamen ventilasi salah satu masjid tertua di Semarang itu menurut Sophia, merupakan salah satu upaya dokumentasi dari masjid itu. Masjid Kampung Layur sangat bersejarah dalam penyebaran Islam di Semarang. Kemunculannya di bulan Ramadan lebih banyak disebabkan adanya ornamen masjid. Meski tidak dikhususkan sebagai batik Ramadan.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2530125/6-batik-unik-semarangan-dari-huruf-arab-sampai-hewan-imajiner
Comments
Loading...