Batik Papua Motif Tifa Honai

0 1.369

Batik yang berasal dari Papua mempunyai perbedaan corak yang cukup mencolok dibandingkan dengan batik dari daerah lain. Batik Papua mengarah lebih gelap tapi banyak mempunyai motif yang terdiri dari gambaran patung dan tak hanya melambangkan budaya masyarakat yang ada di sekitar, namun juga menorehkan lambang sejarah dan arkeolog di dalamnya. Penambahan corak khas Papua biasa dilakukan untuk mengikuti perkembangan pasar, sekaligus memperkenalkan beragam budaya yang banyak terdapat di Papua. Batik Papua tidak terbatas oleh warna terang atau gelap. Terdapat batik dengan warna gelap, namun banyak juga motif berwarna terang atau warna-warna ceria seperti kuning, merah, hijau. Tak seperti batik Jawa yang cenderung kalem dan kebanyakan berwarna coklat. Jika di Jawa, batik lebih banyak menggunakan corak tumbuhan, daun, bunga, sulur-sulur, dan gambar burung.

Batik Papua lebih menonjolkan kecantikan burung Cendrawasih dan alat musik Tifa. Tidak  ada corak tanaman pada batik ini, burung Cendrawasih dan Tifa di sana sini dengan warna keemasan, sehingga terlihat menyolok dengan dasaran merah. Batik ini seolah menyampaikan pesan dari mana batik ini berasal. Batik Papua menggunakan motif yang melekat pada kedekatan dengan alam dan lebih nyata. Salah satu motif batik Papua adalah Motif Tifa Honai.

Motif Tifa Honai

Motif Tifa Honai batik ini memiliki makna filosofis yang mendalam. Jika diterjemahkan, motif ini berarti rumah kebahagiaan, yakni rumah yang dipenuhi dengan kebahagian. Inspirasi dari banyak hal di Papua, sumber air, alam yang indah, dan lain-lain.

Source Batik Papua Motif Tifa Honai Batik
Comments
Loading...