Batik Papua Motif Burung Cenderawasih

0 2.082

Wilayah Indonesia memiliki batik dengan motif yang khas daerahnya masing-masing. Di ujung timur kepulauan Indonesia pun memiliki corak batik yang eksotis, unik, dan cantik. Papua beberapa tahun silam telah memproduksi warisan budaya yang telah dipatenkan UNESCO ini. Saat ini Papua tak hanya dikenal dengan koteka, noken (tas tradisional dari bahan kulit kayu atau anggrek), atau patung kayu. Namun juga dikenal dengan batiknya, biasa disebut Batik Papua.

Batik Papua sendiri memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Ciri khasnya terletak pada gambar orang atau hewan. Motif hewan yang biasa dipakai dalam batik yaitu burung cenderawasih, cicak, kadal dan buaya. Biasanya motif-motif natural ditambah warna-warna yang relatif beragam semakin menambah kekhasan Batik Papua. Batik Papua mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan batik dari Pulau Jawa, secara umum batik Papua mempunyai warna yang ceria perpaduan warna merah, kuning, hijau. Sedangkan pada batik Jawa umumnya berwarna coklat, atau terkesan kalem. Salah satu motif batik yang terinspirasi dari hewan langka di Papua adalah Motif Burung Cendrawasih.

Motif Burung Cenderawasih

Motif batik Papua umumnya yang sangat terkenal adalah motif burung cenderawasih, yang merupakan figur orang papua yang sudah terkenal. Dengan motif burung cenderawasih dipadukan dengan motif natural akan sangat terlihat cantik dan elegan dan sangat bagus dikenakan baik untuk acara formal maupun informal. Nah berikut ini adalah beberapa macam motif batik Cenderawasih khas Papua.

Source Batik Papua Motif Burung Cenderawasih Batik Motif
Comments
Loading...