Batik Panorama Geblek Kulon Progo

0 191

Batik Panorama Geblek Kulon Progo

Para perajin batik Kulon Progo, Yogyakarta gelar pertunjukan busana Panorama Geblek Kulon Progo. Berbagai kreasi batik dan busana koleksi Sinar Abadi Batik terpamerkan. Perajin sekaligus pemilik Sinar Abadi Batik Puryanto di Kulon Progo, mengatakan kegiatan fashion show itu wujud melestarikan budaya Yoyakarta sebagai Kota Batik dan bagaimana agar batik dapat bermanfaat bagi masyarakat. Pagelaran fashion show dibagi dalam empat sesi yakni parade model SKPD Kulon Progo, eksotika Batik Golong Gringsing, Batik In Fusion dan Panorama Batik Geblek Renteng Draping Art. “Kegiatan ini juga untuk menyemarakkan Porda dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memakai dan mencintai batik asli Kulon Progo, dan berkaitan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia,” jelas Puryanto.

Batik In Fusion menampilkan perpaduan antara busana modern, korean style yang kekinian, berpadu dengan batik karena batik juga merupakan ikon fashion luwes dan bisa berpadu dengan busana kekinian. Sementara itu, Draping Art merupakan karya busana tanpa jahitan, menampilkan karya Arjuna Ardana yang merupakan putra daerah Kulon Progo. Geblek Renteng ikon fashion Kulon Progo, mengandung filosofi yang dalam dan mencerminkan kepribadian masyarakat Kulon Progo. Asal motif dari Geblek, makanan khas Kulon Progo, yang sederhana dan membumi, menjadi satu kesatuan keseharian masyarakat Kulon Progo. Dengan sentuhan tangan putra putri bumi menoreh, geblek renteng semakin mempesona dengan keindahan warna warni dan beragam coraknya.

Pertunjukan itu terdukung koreografer Deah Indah Pratiwi dan BismArt production, MM Production, TeKaPe dan Ardana Production. Filosofi geblek renteng yang sederhana, from nothing to something, geblek renteng yang yang biasa dipakai dalam keseharian, kali ini coba diubah menjadi sebuah karya fashion yang diharapkan nantinya siap bersaing di kancah internasional, mengangkat citra Kulon Progo di mata dunia. Eksotika Golong Gringsing koleksi busana batik dari Sinar Abadi Batik, bertajuk Eksotika Golong Gringsing, koleksi Wear Able atau busana siap pakai yang memiliki corak khas dan modern. Corak batik yang warna-warni menawan dan garis potongan yang unik.

Source https://m.inilah.com/ https://m.inilah.com/news/detail/2246395/batik-panorama-geblek-kulon-progo-yogyakarta
Comments
Loading...