Batik Pamiluto Ceplokan Khas Gresik Sudah Hasilkan 7.000 Karya

0 192

Batik Pamiluto Ceplokan Khas Gresik Sudah Hasilkan 7.000 Karya

Batik Pamiluto Ceplokan termasuk batik yang baru mendapatkan hak paten yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Namun sejak awal bulan itu, Batik Pamiluto Ceplokan yang menjadi ikon baru masyarakat Gresik, Jawa Timur, telah diproduksi. Hasilnya, sejak diproduksi massal mulai awal Januari 2017 sampai saat ini, Batik Pamiluto Ceplokan yang berada di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gresik, telah menghasilkan sekitar 7 ribu lembar kain (karya).

Sesuai dengan tingkat pengerjaan batik, ada dua jenis kain baik yang kami produksi. Yakni, batik tulis dan batik cap. Dengan yang paling mahal yaitu batik tulis eksklusif seharga Rp 550.000, hingga yang murah batik cap seharga Rp 175.000. Dengan harga mahal dan murahnya hasil karya ditentukan oleh tingkat kesulitan dalam pengerjaan. Dan memang batik tulis yang biasanya dikisaran harga tinggi, lantaran tingkat kesulitan dan lamanya waktu pengerjaan.

Harga disesuaikan dengan kualitas dan proses pengerjaannya batik. Untuk batik dengan harga yang paling mahal, membutuhkan waktu 15 hari dalam proses pengerjaannya mulai dari awal berbentuk kain putih sampai batik jadi. Sedangkan untuk harga batik cap yang murah, proses pembuatannya dikerjakan tidak sampai satu minggu sudah jadi dan siap jahit.

Source http://www.kompas.com/ http://ekonomi.kompas.com/read/2017/02/26/073324626/batik.pamiluto.ceplokan.khas.gresik.sudah.hasilkan.7.000.karya http://indeks.kompas.com/tag/batik
Comments
Loading...