Batik Pamiluto Ceplokan Jadi Ikon Baru Kabupaten Gresik

0 292

Batik Pamiluto Ceplokan Jadi Ikon Baru Kabupaten Gresik

Ikon masyarakat Kabupaten Gresik, Jawa Timur, bertambah setelah Batik Pamiluto Ceplokan ditetapkan sebagai pakaian khas Gresik melalui hak paten. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik, Agus Budiono mengatakan, meski pengurusan hak paten hanya membutuhkan waktu tak kurang dari satu minggu, namun untuk menciptakan desain batik yang pas bukan sesuatu yang mudah.

Ide dasar yang dicetuskan oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto sekitar beberapa tahun lalu, setidaknya sudah sembilan kali revisi. Baru kemudian terciptalah motif batik Pamiluto Ceplokan, seperti sekarang dan sudah dipatenkan.  Ide itu muncul kala ada lomba desain batik yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gresik di pendopo, yang diikuti 1.250 orang peserta. Mulai dari peserta umum hingga kalangan pelajar. Untuk dapat membuat desain khas Gresik yang original Bupati Gresik harus mengkursuskan 32 orang yang didapat dari peserta lomba yang terbaik untuk dikirim ke Yogyakarta.  Setelah dikursuskan selama satu bulan, maka ada tujuh orang peserta berbakat yang kemudian menjadi pemandu batik di Gresik dan menularkan ilmunya ke beberapa desa.

Dari hasil penularan ilmu tersebut saat ini sudah ada 270 orang pembatik handal yang ada di beberapa Desa di Gresik, yang dikoordinir langsung oleh Dekranasda Gresik. Mulai dari Desa Sawo di Kecamatan Dukun, Desa Cermelor dan Cermekidul di Kecamatan Cerme, Desa Betoyoguci di Kecamatan Manyar, Desa Bungah di Kecamatan Bungah, serta Desa Wringinanom di Kecamatan Wringinanom.

Beberapa desain Batik Pamiluto Ceplokan yang dijadikan ikon khas Gresik di antaranya gambar atau desain gapura makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim, bandeng, pudak, serta rusa bawean.

Source http://www.kompas.com/ http://regional.kompas.com/read/2017/02/26/08003101/batik.pamiluto.ceplokan.jadi.ikon.baru.kabupaten.gresik http://indeks.kompas.com/tag/Pamiluto-Ceplokan
Comments
Loading...