Batik Palu Motif Sambulugana

0 640

Motif Sambulugana

Batik merupakan warisan para leluhur dan produk asli Indonesia yang perlu dilestarikan. Kini, masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia terus mengembangkan berbagai motif dan desain batik. Desain-desain batik dari berbagai daerah selain Jawa pun kini sudah mulai bermunculan. Batik Palu tidak saja digemari masyarakat lokal, tetapi tamu-tamu dari pulau Jawa juga menyukai Batik Palu. Batik Palu memiliki kualitas yang baik tak kalah dengan batik dari pulau Jawa, kualitas warnanya dijamin tidak luntur. Proses batik masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu dicanting, selain itu juga dibuat dengan alat cetakan batik yang masih sederhana, sekali membantik hanya mampu memproduksi dua meter. Batik khas Kota Palu juga memiliki Motif Sambulugana yang banyak digemari oleh masyarakat dari dalam daerah dan luar daerah Palu.

Sambulugana adalah satu paket tumbuhan antara lain pinang dan siri. Sambulugana biasanya sebagai pelengkap adat peminangan bagi masyarakat Kaili di Palu. Peminangan dianggap kurang lengkap rasanya jika tidak ada sambulugana.

Usaha membatik di Kota Palu masih terbilang baru dan belum banyak orang yang tahu, sehingga semua bahan-bahan pewarna maupun kain harus dipesan dari Pulau Jawa. Jenis kainnya masih diambil dari Pekalongan seperti jenis kain dobi, primis cap kereta dan simboris. Bahan kain batik masih terkendala dengan waktu pengiriman. Barang yang dipesan biasanya baru sampai ditujuan dua hingga tiga pekan. Hal itu tidak menjadi hambatan yang berarti bagi pengrajin, jika pemerintah memberikan apresiasi dengan mewajibkan para pegawai untuk memakai produk lokal.

Source Batik Palu Motif Sambulugana Batik Palu Batik
Comments
Loading...