Batik Palangan

0 449

Batik Palangan

Motif Batik Tuban bila di cermati akan terlihat betapa motif-motif tersebut sangat dipengaruhi nilai-nilai budaya jawa, islam, dan tiongkok. Gambar-gambar burung pada motif batik tulis Tuban jelas terlihat pengaruh dari budaya tiongkok, karena gambar burung yang dimotifkan pada batik tulis tersebut nampak adalah burung”Hong”yang jelas tidak terdapat di wilayah Tuban. Pada Motif Bunga jelas terlihat adalah motif-motif tradisional yang sejak lama dibuat dihampir seluruh wilayah yang ada di Pulau Jawa. Sedangkan pengaruh islam pada Motif Batik Tuban terlihat pada motif dengan nama yang religious seperti Kijing Miring.

Pada zaman dulu batik tulis hanya digunakan untuk upacara-upacara tradisional masyarakat Tuban seperti sedekah bumi, pernikahan, pemakaman. Dengan seiring perkembangan jaman, sekarang ini penggunaan Batik Tulis Tuban tidak hanya untuk upacara-upacara adat saja, tetapi telah meluas pada penggunaannya seperti ; taplak meja, sarung bantal, dekorasi, hiasan dinding, model baju modist baik untuk pria dan wanita. Dari hal-hal tersebut diatas jelaslah bahwa Batik Tradisional Tuban memiliki ciri khas yang unik sangat perlu untuk dilestarikan keberadaannya apalagi potensi pengembangannya sangat prospektif.

Batik Palangan berkembang di Kecamatan Palang sampai paciran Lamongan, batik tersebut tidak begitu terkenal di Kabupaten Tuban, disebabkan jumlah pembatik yang sedikit sehingga produksinya tidak sebanyak Batik Gedog atau Batik Karang. Pembuatan Batik Palangan perbiji  membutuhkan waktu sekitar 2 bulan. Terdapat keunggulan pada batik ini dibanding dengan jenis batik yang berasal dari Tuban Batik Palangan memiliki kain yang sangat halus dan teliti, tak heran batik jenis ini menjadi buruan para kolektor dan harganya mencapai jutaan rupiah. Batik halus, teliti serta produksi yang terbatas menyebabkan batik ini merupakan Batik Antik yang jarang di jumpai di pasaran, mencaripun harus berburu di pelosok Desa Palang bagai menncari jarum di tumpukan jerami.

Source Batik Palangan Batik
Comments
Loading...