Batik Pajangan Bantul

0 515

Batik Pajangan Bantul

Meskipun sama-sama berlokasi di Kabupaten Bantul, lokasi Batik Pajangan tidak sama dengan di Giriloyo. Sentra tempat belanja batik di Jogja ini berlokasi di daerah bernama Pajangan, sekitar satu jam berkendara dari pusat kota ke arah selatan kemudian ke barat. Di sini, anda bisa menemukan batik asli baik cap maupun tulis. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat langsung proses membuatnya. Yang membedakannya dari Giriloyo, di sini bisa belajar membuat batik tanpa biaya namun anda tidak bisa membawa hasil batik karena biasanya hanya akan mencoret di kain yang sama dengan kain yang pengrajin sedang kerjakan.

Selain kain, batik yang sudah berbentuk pakaian juga terdapat di sentra batik ini. Dengan sangat mudah menemukan blus, dress, kemeja, atau selendang di lokasi ini. Beberapa pengrajin memang menyediakan penjahit, sehingga memudahkan para pembeli untuk mendapatkan batik yang sesuai dengan ukuran badan mereka. Harga yang ditawarkan cukup beragam namun berkisar diantara Rp. 300.000 sampai dengan jutaan rupiah. Sangat sulit untuk menawar di sentra batik ini, namun demikian, tetap bisa mendapatkan potongan harga diakhir hitung-hitungan belanja sehingga sebenarnya tetap bisa berhemat namun mendapatkan batik yang berkualitas.

Banyak produk batik cap maupun tulis harganya memang tidak murah karena proses pembuatanya yang sangat teliti dan kualitas barang yang tidak diragukan lagi. Keawetan dari batik tulis maupun cap sangat bagus apabila anda merawatnya dengan benar. Sedikit tips merawat batik tulis atau cap yang benar, cucilah dengan lerak (biji tanaman herbal untuk mencuci batik cap atau tulis). Kemudian, setelah dicuci, batik cukup dijemur di dalam ruangan tertutup dan cukup diangin-anginkan saja agar tidak perlu terkena sinar matahari langsung dan menyebabkan warnanya memudar.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/tempat-belanja-batik-di-jogja/
Comments
Loading...