Batik Painting, Untuk Pemberdayaan Masyarakat

0 78

Batik Painting, Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Amir Syahid menjelaskan, pasca launching batik tenun 2016, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW ) dan Dekranasda Bojonegoro pimpinan Mahfudhoh Suyoto, melakukan inovasi untuk mencari varian baru dalam seni batik, ditemukanlah batik painting. Sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat, GOW melakukan pelatihan untuk mendapatkan wirausaha pengrajin batik painting ini di 10 Kecamatan.

Untuk menampilkan karya pengrajin batik painting ini, digelar Bojonegoro Fashion and Art Award 2017 yang di gelar Sabtu 18-11-2017 lalu yang salah satu acaranya adalah lauching Batik Painting Jonegoroan oleh Mahfudhoh Suyoto, “Agar batik painting semakin dikenal baik oleh masyarakat Bojonegoro maupun Nasional” Kata Amir Syahid.

Lebih lanjut Amir syahid mengatakan pola yang dibangun dalam acara Bojonegoro Fashion And Art Award 2017 adalah dengan merelasikan atau chanelling dari tiga unsur, yakni Desainer Nasional, Desainer Lokal dan pengrajin batik painting. Chaneling untuk meningkatkan pengetahuan bagi desainer lokal dan pengrajin lokal tentang teknik desain, menjahit dan pemasaran “ada nilai pemberdayaan untuk desainer dan pengrajin lokal” lanjut Amir Syahid.

Salah satu Desainer Lokal yang sudah dua kali ikut dalam Bojonegoro Fashion dan Art Award, Herlina mengatakan dengan mentoring dari desainer nasional, dirinya mendapat banyak ilmu diantaranya teknik menjahit gaun yang sebelumnya tidak di ketahui, pemahaman konsep tampilan fashion, bahwa karya fashion yang baik tidak hanya indah dari jauh tetapi juga ketika dilihat dari dekat juga soal mental yang harus dimiliki seorang desainer “ Bangga dan terharu dapat tampil dalam acara itu, bersama desainer Nasional” Kata Pemilik Wedding Galery di Jalan Pemuda Bojonegoro ini.

Acara Bojonegoro Fashion and Art Award 2017 semakin ramai dengan ditampilkanya aneka makanan, jajanan dan minuman dari komunitas Wisata Kuliner Bojonegoro(Wakulbo) dengan menampilkan puluhan stand.

Source https://damarkita.com https://damarkita.com/batik-painting-untuk-pemberdayaan-masyarakat/
Comments
Loading...