Batik Padma Sambhara

0 237

Batik Padma Sambhara

Batik merupakan warisan budaya yang asli dari Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Batik Padma Sambhara merupakan salah satu batik dari industri Batik Lumbini yang dibuat di Dusun Dusun Tingal kulon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pembuatan Batik Padma Sambhara terinspirasi dari relief bunga teratai Candi Borobudur. Pembuatan motifnya hanya mengambil bentuk daunya yang kemudian distilasi. Pada pembuatan motif batik ini terdapat 2 motif yang digunakan yaitu :

  • Motif Utama berupa stilasi daun lotus yang distilasi disusun secara simetris melambangkan mandala Borobudur.
  • Motif tambahan berupa lingkaran empat tingkatan dengan ukuran besar ke kecil. Bentuk bulat ini diadaptasi dari tingkatan tertinggi Candi Borobudur.

Selain motif utama dan tambahan terdapat isen-isen pada motif ini berupa titik titik yang mengelilingi bentuk oval yang berada dalam daun tersebut.

Pola Batik Padma Sambhara

Pola ini disusun secara simetris yang berarti bentuk perwujudannya dibuat secara teratur dan motifnya mengalami penggulangan. Dengan pengulangan teratur tercipta irama yang seimbang, selaras dan indah.

Warna Batik Padma Sambhara

Warna merah digunakan pada latar belakang (Background) dan warna putih digunakan motif. Makna Batik Padma Sambhara dijabarkan sebagai berikut:

  • Daun lotus bentuk mandala memiliki arti jembatan kejayaan
  • Lingkaran mandala adaptasi tingkatan Arupadhatu.

Jadi dari kedua makna tersebut dapat disimpulkan dalam kehidupan ini memiliki keseimbangan antara hitam dan putih.

Source Batik Padma Sambhara Batik
Comments
Loading...