Batik Pada Benda Hias

0 409

Batik Pada Benda Hias

Batik yang dengan berabgai corak dan motif sekarang tidak saja ditemui pada permuakaan kain saja, tetapi dapat dijumpai di berbagai macam benda hias. Berbagai macam benda hias ini menggunakan motif batik untuk dapat menambah nilai pada benda hias tersebut sehingga para pengunjung dapat melihat perbedaan benda hias tersebut dengan benda yang lain yang tidak menggunakan motif batik. Pada umumnya memang motif batik dapat dilihat pada bermacam motif batik dengan berbagai macam model.

Banyaknya orang yang menganggap motif batik itu unik, indah dan juga sangat menarik perhatian maka banyak dari para seniman mulai menggunakan motif batik tersebut pada berbagai jenis benda lain yang tidak berupa kain. Salah satu benda hias yang saat ini adalah tempat untuk dudukan handphone. Sudah banyak seniman yang membuat berbagai macam tempat dudukan handphone dengan berbagai macam bentuk dan juga menggunakan motif batik sebagai hiasan untuk lebih membuat tampilannya lebih cantik.

Untuk dapat membuat dudukan handphone dengan motif batik ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu pertama kali harus mempersiapkan dudukan handphone yang masih polos dengan bahan dasar kayu sebagai media untuk membuat berbagai macam motif batik.

Setelah itu menggambar pola batik pada permukaan kayu dari benda hias tersebut. Menggambar motif batik pada permukaan kayu ini pada umumnya dilakukan dengan menggunakan pensil. Setelah seluruh motif yang ingin digambarkan pada permukaan kayu ini selesai maka akan dilanjutkan dengan proses membatik. Dalam memberi warna pada tempat handphone ini pada umumnya para seniman akan menggunakan teknik colet.

Untuk menggantikan kuas, sering juga para seniman ini menggunakan cotton buds sebagai alat untuk memberi warna. Ujung dari cotton buds yang bulat dan juga dapat menyerap warna ini membuat alat ini cukup nyaman untuk dipakai ketika memberi warna pada bagian bagian dari permukaan kayu tersebut. Setelah pemberian warna dengan teknik colet ini selesai maka dilanjutkan dengan proses menghilangkan malam seperti ketika membuat batik pada kain. Setelah selesai maka tempat dudukan handphone tersebut beri pernis sehingga dapat memberikan warna yang jernih dan terlihat lebih indah.

Source Batik Pada Benda Hias Batik
Comments
Loading...