Batik Pace Dari Pacitan

0 432

Batik Pace Dari Pacitan

Motif Batik Pace merupakan sebuah motif yang berasal dari wilayah Pacitan dan merupakan motif yang juga dikenal secara luas. Motif batik ini juga dikenal dengan sebutan Batik Lorok yang mendapatkan namanya dari lokasi pembuatan batik ini yaitu di daerah Desa Lorok. Motif batik yang dibuat oleh seniman batik di wilayah ini terus menerus mengalami pengembangan motif dan juga menambah variasi yang cukup banyak dari berbagai motif yang ada dengan melakukan pengembangan terhadap motif batik tersebut.

Motif Batik Pace menjadi kebanggaan dari batik di daerah Pacitan ini. Motif batik ini tampil dengan kombinasi antara motif ukel dengan motif yang berbentuk bunga teratai. Pada bagian latar dari batik ini dibuat dengan menggunakan motif batik yang mirip dengan batu koral untuk mengisi area yang kosong pada kain batik ini. Motif batu koral ini berada di antara motif batik utama sehingga motif batik dari Pacitan ini memiliki kesan banyak menampilkan batu pada berbagai motif batiknya. Motif Batik Pace ini dibuat dengan bentuk segi empat yang memiliki aturan.

Pada bagian dalam motif batik ini memiliki bentuk segi empat yang kemudian diberi bentuk buah pace yang dibentuk rapi segi empat secara selang seling dengan motif kulit buah pace yang dalam gambar tersebut sedang mendapatkan tumbuhan bunga. Motif Batik Pace ini pada bagian dalam nya menggunakan bentuk kotak segi empat yang dibuat dengan banyak jenis. Ada motif batik yang dipenuhi dengan malam dan ada juga motif batik yang tidak diisi. Motif batik ini memiliki makna sebuah arti ketulusan dan juga merupakan lambang pengabdian dari seorang terhadap orang yang dia kasihi agar mereka tidak mendapatkan musibah dan juga jauh dari berbagai macam penyakit

Source Batik Pace Dari Pacitan Batik
Comments
Loading...