Batik Okel Tanjung Bumi Dan Okel Pamekasan

0 170

Batik Okel Tanjung Bumi Dan Okel Pamekasan

Batik memang tidak akan pernah ada habisnya, berbagai macam motif dan ciri-ciri batik yang ada di daerah-daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya Motif Batik Madura cenderung menyajikan warna yang berani seperti warna biru, kuning, merah dan hijau daun. Warna yang dihasilkan pada kain terbuat dari bahan pewarna alami soga alam, seperti mengkudu dan tingi digunakan sebagai pewarna merah. Sedangkan Daun tarum digunakan untuk pewarna biru, serta kulit mundu yang ditambah tawas untuk memberikan efek warna hijau pada kain Batik Madura.

Batik khas Madura yang biasanya terkenal dengan batik gentongannya karna prosesnya yang unik. Tanjung bumi bisa di bilang kecamatan penghasil batik, bukan hanya batik gentongannya tapi batik-batik yang biasapun juga banyak contohnya Batik Okel ini, di pamekasan pun juga mempunyai batik yang bermotif Okel.

Ada ciri khas antara Okel Tanjung bumi dengan Okel Pamekasan, yang biasanya menonjol adalah Batik Okel Tanjung Bumi yang biasanya bermotif akar yang berkelut-kelut dengan motif bunganya akan tetapi yang beda adalah gambar burungnya, kalau Batik Okel Pamekasan menggunakan bunga, dan daun-daunan yang berbentuk okel. ini Motif Okel Pamekasan yang identiknya dengan bunga dan daun-daunan. Dari segi warnah pun ada perbedaan kalau batik motif okel Tanjung bumi warnanya lebih cerah sedangkan motif okel Pamekasan lebih ke gelap.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batikokel-tanjungbumi-bangkalanmadura.html https://batik-tulis.com/blog/model-baju-batik-kombinasi/
Comments
Loading...