Batik Ngluwur Motif Daun Tembakau

0 290

Batik Ngluwur Motif Daun Tembakau

Tanaman tembakau merupakan tanaman musiman yang ditanam pada menjelang musim kemarau. Tanaman ini andalan bagi wilayah Desa Ngluwar sebagai bahan pembuatan rokok yang disetor ke pabrik sebagai bahan utama rokok. Daun tembakau diabadikan menjadi gambaran motif batik di Desa Ngluwar walaupun perwujudannya sangat sederhana dan lugas. Ide menggunakan daun tembakau sebagai desain motif batik, mempunyai tujuan ganda mengembangkan dan melestarikan batik di Desa Ngluwar agar tetap eksis serta menjadi unggulan industri kreatif bagi masyarakat di daerah Ngluwar. Batik Ngluwar tidak hanya menjadi slogan daerah saja tetapi menjadi sumber penghasilan ekonomi bagi masyarakat menuju kehidupan yang lebih sejahtera. Unsur utama motif batik ini menggunakan daun tembakau, Motif Batik Daun Tembakau merupakan ciri khas batik Desa Ngluwar.

Pola Motif Batik Daun Tembakau

Penyususnan pola Motif Batik Daun Tembakau disusun secara acak posisi tidak beraturan. Proses pencapan dari arah kanan kekiri, kemudian diawali lagi dari sebelah kiri kekanan dengan posisi bentuk daun saling berlawanan. Warna yang digunakan pada kain Batik Motif Daun Tembakau menggunakan bahan pewarna napthol yaitu waran merah, biru serta bahan pewarna indogosol warna hijau. Berikut proses pewarnaan pada Motif Batik ini :

  1.  Bahan yang dipakai dalam pewarnan motif batik daun tembakau adalah pewarna kimia yaitu Napthol warna merah, biru dan pewarna hijau indogosol.
  2. Setelah selesai penngecapan motif pada kain, kemudian kain dcelup menggunakan larutan TRO lalu ditiriskan.
  3. Proses kedua kain dicelup menggunakan warna merah hingga rata, diriskan sampai kadungan airnya tidak menetes.
  4. Proses ketiga dicelup dengan garam diaso diaduk hingga merata kemudian ditiriskan hingga kering.
  5. Proses keempat menutup gambar daun menggunakan malam disebut dengan nembok.
  6. Kemudian digulung untuk menimbulkan efek pecahan pada gambar daun kemudian dicelup menggunakan pewarna indogosol warna hijau, kemudian ditiriskan hingga magel atau setengah kering, kemudian dicelup dengan larutan HCL yang dicampur dengan air tawar kemudian dicuci samapai bersih dan tiriskan samapai kering.
  7. Dilorod proses menghilangkan malam batik
  8. Setelah kain bersih kemudian dileup menggunakan larutan pati kanji untuk menghaluskan permukaan kain.
  9. Sebagian bentuk kain batik motif daun tembakau.
Source Batik Ngluwur Motif Daun Tembakau Batik
Comments
Loading...