Batik Ngluwar Motif Krokot Rinonce

0 160

Batik Ngluwar Motif Krokot Rinonce

Mayoritas masyarakat Desa Ngluwar kehidupannya sebagai petani, pedagang, juga sebagai pekerja sambilan di rumah adalah sebagai pengrajin batik, sulaman, serta anyaman. Salah satu kegiatan dalam pembuatan kerajinan batik dalam mendesain suatu motif pengrajin tidak merasa kesulitan dalam merancang, atau menggambar karena masyarakatnya gemar akan keindahan alam, diantaranya memanfaatkan tanaman yang tumbuh disekitar rumah mereka, dijadikan sebagai penuangan ide atau ekpresi dalam berkarya.

Motif diambil dari tumbuhan yang hidup disektar rumah mereka seperti: Tanaman Krokot, tanaman ini banyak kasiatnya, sebagai sayuran, sebagai obat untuk menstabilakan tekanan darah, jenis tanaman tersebut banyak dicari, berdasarkan hal tersebut tanaman yang tersebut diabadikan dalam bentuk desain motif batik, diambil desain daunnya yang unik. Motif Krokot Rinonce mengambil bentuk daun sebagai ide dasar pembuatan motif.

Pola Motif Batik Krokot Rinonce

Penyususnan pola pada Motif Krokot Rinonce adalah merangkai daun pada tangkainya, yang menghasilkan suatu bentuk rankaian daun yang tumbuh pada batang saling berurutan, sebagai gambaran pohon krokot tumbuh menjalar pada permukaan tanah.

Warna pada Batik Krokot Rinonce menggunakan bahan pewarna napthol yaitu warna merah dan biru.

 

 

Proses pewarnaan Motif Batik Krokor Rinonce sebagai berikut :

  • Bahan pewarna yang dipakai naptol warna merah, biru.
  • Kain setelah selesai diklowong, kain dibasahi dengan larutan TRO, ditiriskan kemudian dicelup dengan warna merah hingga rata dan ditiriskan hingga berkurang kandungan airnya.
  • Proses kedua adalah mencelup pada larutan kedua yaitu garam diaso diaduk sampai rata, kemudian ditiriskan hingga kering.
  • Proses ketiga menutup malam pada bagian tertentu pada kain yang tetap dipertahankan berwarna biru.
  • Proses keempat mencelup warna dasar dengan pewarna naptol warna biru.
  • Proses kelima adalah mencelup pada larutan kedua yaitu garam diaso diaduk sampai rata kemudian ditiriskan hingga kering.
  • Proses keenam melorot menghilangkan malam batik sehingga kain batik memiliki warna tiga merah, putih dan biru.
  • Proses ketujuh mengkanji melapisi kain menggunakan cairan pati kanji untuk memepermudah pemeiharaan kaian.
  • Sebagian bentuk motif krokot rinonce.
Source Batik Ngluwar Motif Krokot Rinonce Batik
Comments
Loading...