Batik Ngluwar Khas Desa Ngluwar

0 202

Batik Ngluwar Khas Desa Ngluwar

Desa Ngluwar merupakan wilayah yang berdekatan dengan Desa Susukan, Margokaton, Sleman, Yogyakarta. Desa tersebut merupakan desa dimana masyarakatnya mempunyai kegiatan dibidang kerajinan batik. Dilihat dari prospek ketenagakerjaan banyak remaja dan orang tua banyak terlibat dalam kegiatan pembuatan batik. Dalam perkembangannya kegiatan tersebut mendapatkan perhatian oleh Pemerintahan Desa Ngluwar untuk diperkenalkan kepada masyarakat sebagai kegitan yang dapat meningkatkan ekonomi di Desa Ngluwar. Tahun 1998 dibentuklah wadah sebagai kegiatan usaha dalam bidang batik yang dinamakan Sanggar Batik Ghani. Sanggar tersebut kegiatannya diantaranya membuat desain sampai menjadi barang jadi, kemudian munculah suatu ide atau gagasan untuk memiliki identitas dan memiliki kekhasan yang bidang desain maupun warna.

Motif  yang dibuat merupakan cerminan kekayaan alam yang ada di bumi Desa Ngluwar motif-motif tersebut tidak akan ditemui di daerah lain dan merupakan keistimewaan dan keunikan tersendiri yaitu batik khas Desa Ngluwar, kekhasan tersebut terletak pada motif dan warna. Dengan adanya beberapa hal tentang Batik Ngluwar dengan ciri khas yang berbeda dengan daerah lain. Motif-motif yang ada pada Batik Ngluwar serta 4 mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri yang tidak akan di temui di daerah lain.

Motif batik yang dipakai para pembatik Ngluwar Magelang merupakan pengabadian flora dan fauna yang ada di Desa Ngluwar. Tanaman krokot tanaman yang tumbuh di pematang sawah dimanfaatkan sebagai sayuran dan obat, daun tembakau yang dibudidayakan dipersawahan, pemanfatan daun tembakau sebagai bahan utama pembuatan rokok, pohon pisang tanaman yang dibudidayakan dimanfaatkan dari batang, daun dan buah, bunga matahari ditanam sebagai tanaman hias, ditanam di halaman rumah.

Dari tanaman tersebut maka timbul ide untuk diabadikan menjadi motif batik. Akan tetapi tidak hanya tanaman saja yang dijadikan desain motif batik, akan tetapi juga binatang yang dibudidayakan yaitu ikan koi. Motif-motif tersebut adalah sebagai berikut: Motif Batik Krokot Rinonce, Motif Batik Daun Tembakau, Motif Batik Bunga Matahari, Motif Batik Pelepah Pohon Pisang.

Source Batik Ngluwar Khas Desa Ngluwar Batik
Comments
Loading...