Batik Ndulit Sisik Bandeng

0 265

Batik Ndulit Sisik Bandeng

Kabupaten Gresik memiliki Ikon Batik dengan motif lokal khas daerah yang dinamakan Batik Ndulit Sisik Bandeng Khas GresikNamun batik khas Gresik ini belum banyak diketahui masyarakat seperti daerah perbatikan pesisiran yang lain di Kabupaten atau Kota di Jawa Timur. Ikon batik Gresik dengan motif lokal khas daerah di Gresik sekarang ini banyak bermunculan. Salah satunya adalah Batik Ndulit Sisik Bandeng Khas Gresik.

Batik Ndulit Sisik Bandeng ternyata sudah lama berkiprah di wilayah Jawa Timur, diperkirakan sejak akhir tahun 2010,  Usaha kecil menengah (UKM) ini, dikelola oleh Ibu Siti Zainubah Budiarty yang oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan panggilan akrab Bu Arti. Beliau mendirikan tempat usaha pembatikannya di Jalan Magetan Kecamatan Kebomas, Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru.

Aktivitas produksi Batik Ndulit Sisik Bandeng kelolaan Bu Arti ini selalu ramai dari pesanan, meningkatnya pesanan terhadap batik lokal seperti batik Gresik ini, disebabkan peminat batik mulai melirik motif khas budaya lokal. Sehingga Batik Dulit Sisik Bandeng yang merupakan ikon baru batik khas kota Gresik, makin bersinar di tengah gempuran produk-produk dari negara lain. Batik dengan motif mengangkat produk lokal seperti sisik ikan bandeng, justru makin diminati, karena mempertahankan nuansa tradisional. Tanpa bahan baku kimia, menggunakan bahan pewarna alami yang disapat dari bagian tanaman yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar rumah

Batik ini diberi nama Batik Ndulit karena proses pewarnaannya dengan cara di dulit atau dioleskan dengan menggunakan kanvas dari batang rotan. Sementara inovasi penggunaan Motif Lokal Sisik Ikan Bandeng diambil karena Gresik merupakan salah satu sentra penghasil ikan bandeng yang sudah cukup lama dikenal masyarakat pesisir utara Jawa Timur khususnya warga Surabaya dan sekitarnya. Batik Ndulit Sisik Bandeng yang merupakan salah satu produk batik unggulan, hasil dari karya tangan terampilnya, yang kini mulai disuka banyak warga. Sama dengan produk batik lainnya, pembuatan Batik Ndulit Sisik Bandeng ini pun diawali dengan pembuatan desain di atas kain putih dan dilanjutkan dengan proses canting. Berikut proses pembuatan Batik :

  • Desain, proses melukis dengan pensil pada lembaran kain putih polos, dengan cara menjiplak pola yang sudah ada
  • Nyanting, proses menorehkan malam atau lilin dengan menggunakan canting mengikuti pola batik/alur coretan pensil sisik bandeng yang terlukis di atas kain putih.
  • Ndulit, proses memberi warna motif desain dengan menggunakan kanvas dari rotan.
  • Nembok, proses menutup warna yang telah ditorehkan pada motif sisik bandeng, dengan menggunakan malam atau lilin.
  • Nglorot, proses menghilangkan malam dengan cara dicelupkan di dalam jambangan berisi air panas mendidih.
  • Selanjutnya proses pewarnaan total, selesai proses nglorot lalu kain dicuci bersih kemudian dicelup pada pewarna dan kemudian dikeringkan, dengan jalan hanya sekedar diangin-anginkan dihindarkan dari terpaan sinar matahari secara langsung, dengan maksud untuk menghindari warna tidak luntur dan tetap alami.

Batik Ndulit Sisik Bandeng khas Gresik ini dijual dengan harga bervariasi tergantung kualitas kain. Batik Ndulit Sisik Bandeng sudah mulai dipasarkan di beberapa Kabupaten atau Kota di Jawa Timur bahkan tersebar di kota-kota besar Pulau Jawa.

Source Batik Ndulit Sisik Bandeng  Batik
Comments
Loading...