Batik Mutiara Tembus Juara II Se Asia Tenggara

0 84

Batik Mutiara Tembus Juara II Se Asia Tenggara

Sungguh diluar dugaan karena 2 (dua) batik tulis dari Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan karya Kelompok Usaha Bersama (KUB) Al Khasanah  Desa Sendang Duwur dan KUB Anisa  Desa Sendang Agung, berhasil menjadi juara II se Asia Tenggara.

Kedua jenis batik tersebut diberi nama Mutiara I dan Mutiara II. Untuk mutiara 1 berwarna dasar hitam dan tersebar warna putih kecil-kecil merata seperti batik tulis pesisiran pada umumnya. Bergambar kipas dan kerang mutiara. Hampir sama dengan batik Mutiara I, untuk batik Mutiara II juga berwarna dasar hitam berhiaskan warna putih kecil-kecil seperti bunga melati dan nampak jelas bentuk kerang dengan didalamnya bintang laut berwarna putih dan kemerahan.

Adapun yang mengikutkan lomba adalah Hj. Ummu Kholifah, SH Ketua Perkumpulan Perempuan Wira Usaha Indonesia (Perwira) Kabupaten Lamongan. Menurutnya, saat ia mendapat kesempatan dari Perwira Pusat untuk mengikutkan batik tulis Lamongan dalam  lomba batik se Asia Tenggara di Bangkok, dirinya agak pesimis karena lawannya adalah dari negara-negara tetangga yang juga karyanya bagus-bagus. “Namun diluar dugaan batik tulis karya pengrajin Sendang Agung dan Sendang Duwur Paciran bisa memperoleh nilai yang cukup tinggi dan akhirnya meraih juara ke 2,” kata Ummu Kholifah bersemangat.

Perempuan cantik berputra 2 hasil perkawinanya dengan suami tercinta H. Nurul Huda AS, S Pdi anggota DPRD Lamongan yang berdomisili di Desa Weru Lor Paciran ini juga menceritakan, saat penilaian selain membawa batik tulis tersebut juga melakukan paparan tentang kedua batik tersebut.  Lomba berlangsung tanggal 10 Agustus 2016 bertempat di Bangkok. Lengkapnya bernama Achievements Asean se Propduct Selection Featured in Bangkok, dan meraih juara 2 (Champion Two). Saat itu setelah penyerahan penghargaan pihak kerajaan Bangkok memesan batik tulis yang mutiara I sebanyak 400 potong dan mutiara II sebanyak 600 potong.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Hj. Makhdumah Fadeli, SPd, MPd ditempat terpisah mengatakan, batik Lamongan memang dikenal keunikanya sehingga menarik. Kami Dekranasda Lamongan terus membina para pengrajin baik berupa pelatihan juga study banding ke Solo dan Jogya serta untuk melihat hasil nyata tingkat kreasi dan inovasi para pengrajin, kami menggelar lomba desain motif batik Lamongan. Tahun 2016 ini merupakan yang ke lima kalinya. “Batik tulis Lamongan memang tidak kalah indahnya dengan batik dari daerah lainnya. Dengan berhasil meraih kejuaraan bergengsi  se Asia Tenggara semakin membuktikan bahwa batik tulis Lamongan memang berkualitas bagus”, kata Makhdumah.

 

Source https://lamongankab.go.id/ https://lamongankab.go.id/diskoperindag/?p=2521
Comments
Loading...