Batik Motif Warak Ngendog

0 400

Batik Motif Warak Ngendog

Batik Motif Warak Ngendog diciptakan di Sanggar Batik Semarang 16 dan masuk dalam kategori thematik moment. Di latar belakangi tradisi dugder atau festival untuk menandai dimulainya ibadah Ramadan yang memunculkan binatang imajiner warak. Ciri utamanya berbentuk lurus yang kemudian dimaknai sebagai citra bahwa publik Semarang bersikap terbuka, lurus, dan berbicara apa adanya. Warak Ngendog adalah mainan anak-anak yang dulu sangat populer di kota Semarang dan sekitarnya, dan biasa dijual saat megengan atau pasar malam/dugderan menjelang bulan suci.

Warak indentik dengan kata ngendog (bertelur) karena kadang ditaruh sebutir telur dibawah ekornya yang lurus atau disela-sela empat kakinya. Sehingga disini muncul interpretasi eksistensi makhluk imajiner ini dengan keragaman penduduk kota Semarang pada khususnya. Bentuk fisik Warak Ngendog ini ada yang digambarkan seperti kambing, kuda, kerbau, barongsai atau bahkan badan anjing.

Sementara kepalanya ada yang menyerupai kepala kambing, naga jawa, naga cina, dan sebagainya. Sementara bulu-bulunya juga punya banyak versi ada yang keriting, lurus, berombak ataupun bersisik. Batik Motif  Warak Ngendog mencerminkan hewan khas Kota Semarang yang dulunya adalah mainan anak – anak.

Source http://aprilhijaber.blogspot.co.id/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/2015/04/batik-semarang.html
Comments
Loading...